Turunkan Harga Tiket Pesawat, Menhub Dapat Bantuan Menko Darmin

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 26 Apr 2019, 12:00 WIB
Ilustrasi tiket pesawat

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendapat bantuan dari Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian Darmin Nasution untuk menurunkan harga tiket pesawat.

Budi mengatakan, harga tiket pesawat menjadi pembahasan dalam rapat Koordinasi persiapan mudik Lebaran. Dalam rapat k oordinasi tersebut, Darmin menyatakan siap membantu Kementerian Perhubungan untuk menurunkan harga tiket pesawat.

"Saya laporkan keadaannya tiket belum turun. Oleh karenanya, Pak Darmin bilang 'nanti saya ikut selesaikan," kata Budi, saat menghadiri seminar Masyarakat Transportasi Indonesia, di Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Latar belakang keinginan Darmin untuk membantu menurunkan tiket pesawat karena kenaikan harga ini berkontribusi besar kepada inflasi. Namun Budi belum menyebutkan upaya apa yang akan dijalankan oleh Darmin. 

Penyebab naiknya tiket pesawat adalah berhentinya perang harga yang dilakukan maskapai penerbangan sehingga maskapai menggunakan acuan harga batas atas. Kondisi ini tentunya sangat dirasakan masyarakat yang terbiasa dengan harga tiket murah.

"Satu sisi masyarakat sudah terbiasa mendapatkan harga tiket pesawat murah, hasil dari kompetisi para maskapai. Nah sekarang, maskapai hitung lagi. Nah bedanya mentokin tarif ke batas atas. Nah perjumpaan ini yang penting, sambung rasa antara konsumen dengan maskapai," tandasnya.

2 of 3

Minta Harga Tiket Pesawat Turun, Menhub Maraton Temui Maskapai

Banner Infografis Harga Tiket Pesawat Bakal Turun?
Banner Infografis Harga Tiket Pesawat Bakal Turun? (Liputan6.com/Triyasni)

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus berupaya untuk menurunkan harga tiket pesawat terbang. Terlebih moda transportasi ini akan sangat dibutuhkan saat mudik Lebaran nanti.

Sekretaris Jenderal Kemenhub, Djoko Sasono mengatakan, dalam beberapa waktu terakhir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah menggelar pertemuan dengan sejumlah maskapai. 

"Beliau (Menteri Perhubungan) sudah maraton bertemu dengan maskapai. Mungkin belum bisa dilaporkan," ujar dia di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Dari pertemuan tersebut, lanjut Djoko, diharapkan akan ad solusi untuk menurunkan harga tiket pesawat. Sehingga masyarakat bisa mudik Lebaran dengan pesawat tanpa terbebani dengan tingginya harga tiket pesawat.‎

"Yang terbaik akan kita rumuskan, saya tidak bisa berspekulasi. Kenyataan seperti apa, kita tunggu hasil pertemuan dengan operator," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Djoko juga menegaskan jika kebijakan batas tarif tiket pesawat ini telah sesuai dengan aturan. Sehingga melanggar aturan maupun merugikan pihak tertentu.

"Intinya tarif batas itu tidak melanggar aturan," tandas dia.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓