Sukses

Intip Perkembangan Program Mega Proyek Kilang Pertamina

Pertamina mempercepat penyelesaian proyek-proyek kilang agar memberi manfaat untuk Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) memastikan, pembangunan mega proyek kilang ramah lingkungan terlaksana dengan lancar, sehingga dapat memenuhi kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Petrokimia dalam negeri.

Adapun megaproyek kilang tersebut adalah empat proyek perluasan Refinery Development Master Plan (RDMP) yakni RDMP Refinery Unit (RU) V Balikpapan, RDMP RU IV Cilacap, RDMP RU VI Balongan, dan RDMP RU II Dumai, serta 2 proyek Pembangunan Kilang Minyak dan Petrokimia Grass Root Refinery (GRR) Tuban dan GRR Bontang.

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia PT Pertamina, Ignatius Tallulembang mengatakan, Pertamina mempercepat penyelesaian proyek-proyek kilang tersebut agar segera memberi manfaat pula bagi negara dan bangsa Indonesia.

Manfaat itu mulai dari menghasilkan bahan bakar yang ramah lingkungan, mengurangi impor BBM dan Petrokimia, meningkatkan cadangan devisa dan penerimaan pajak.

"Megaproyek kilang minyak ini akan mendukung kemandirian dan ketahanan energi nasional sekaligus memperkuat keuangan negara," kata Tallulembang, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Tallulembang menuturkan, tahapan pembangunan setiap proyek lebih cepat dari jadwal normal. Hal tersebut terlihat pada rincian pencapaian inisiatif dan rencana strategis ke depan megaproyek-megaproyek kilang Pertamina tersebut.

Dia menyebutkan, proyek GRR Tuban telah mencapai sejumlah target strategis antara lain penyelesaian bankable feasibility study (BFS), tender seleksi process licensor, general engineering design (BED) dan front end engineering design (FEED).

Selain itu, izin penetapan lokasi lahan eks masyarakat seluas 493 ha dari Gubernur Jawa Timur pada 2018.

Target selanjutnya adalah penandatanganan kontrak process licensor, general engineering design consultant, dan PMC, pengoperasian perusahaan patungan secara penuh, pelaksanaan pembebasan lahan tahap II, dan pelatihan tenaga kerja lokal.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

RDMP Balikpapan dan Cilacap

Untuk RDMP Balikpapan, pencapaian strategis pada 2018 antara lain penandatanganan kontrak engineering, procurement, and construction (EPC) ISBL OSBL pada 10 Desember 2018.

Kemudian penyelesaian pekerjaan pendahuluan (early works) tahap I seperti apartemen, site development tahap I, dan jetty, persetujuan FID RDMP tahap I dan II, perolehan izin amdal, serta pelatihan 924 tenaga kerja lokal.

Sedangkan, langkah selanjutnya dari RDMP Balikpapan antara lain pelaksanaan EPC ISBL OSBL, pendirian PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB), penyelesaian pekerjaan early works tahap II seperti site development tahap II dan Lawe-lawe, pengendali banjir kilang dan apartemen, serta modifikasi 34 unit tangka, dan penyelesaian bidding paket EPC Lawe-lawe.

Proyek RDMP Cilacap, pencapaiannya antara lain perolehan sejumlah izin seperti penetapan lokasi, amdal, RTRW, dan relokasi fasilitas publik, pembebasan lahan KIC, studi BED, memperoleh konfirmasi pendahuluan tax holiday, dan perolehan izin prinsip spin off aset RU Cilacap dari Menteri BUMN.

Adapun target ke depan RDMP Cilacap antara lain penyelesaian kesepakatan pembentukan perusahaan patungan  dan valuasi aset dengan mitra Saudi Aramco, persetujuan pre investment decision, pelaksanaan early works seperti site development, rute ulang jalan, dan fasilitas umum, serta penyelesaian engineering proyek.

 

3 dari 4 halaman

Bontang dan Balongan

Untuk GRR Bontang, pencapaian strategis pada 2018 adalah penandatanganan frame work agreement (FWA) dengan mitra Overseas Oil Group (OOG) Oman pada 10 Desember 2018.

Langkah berikutnya antara lain penetapan lokasi kilang, akuisisi lahan, penyesuaian Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW), penyelesaian BFS, serta memulai pekerjaan desain dasar (Basic Enginering Design/BED)dan desain rinci (Front End Enginering Design/FEED).

Sedangkan, RDMP Balongan, pada 2018 sudah dilakukan FWA proyek petrokimia dengan China Petroleum Company (CPC) Taiwan pada 11 Oktober 2018.

Kemudian penyelesaian tender konsultan untuk pre FEED survival phase, linier programming flexibility phase, dan studi kelayakan proyek petrokimia.

Langkah berikutnya adalah penyelesaian FS pre FEED survival phase, linier programming FS flexibility phase, dan FS proyek petrokimia; pelaksanaan tender dan kontrak dua bid competition (DBC) bagi proyek survival phase; penyelesaian izin amdal untuk survival phase; dan penyelesaian pengadaan lahan untuk lokasi RDMP dan petrokimia termasuk opsi reklamasi.

 

4 dari 4 halaman

RU Plaju

Untuk RU III Plaju, akan dikembangkan mejadi proyek percontohan pengembangan green refinery, saat ini telah berhasil dilakukan implementasi Co-Processing minyak sawit (Crude Palm Oil/CPO) yang menghasilkan Bahan Bakar Minyak (BBM) ramah lingkungan yaitu Green Gasoline dan Green LPG. 

Dalam jangka panjang, Pertamina telah melakukan kerja sama dengan ENI, perusahaan minyak asal Italia yang menjadi pelopor konversi kilang pertama di dunia.

Kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen Pertamina dalam menyediakan bahan bakar ramah lingkungan sekaligus mengoptimalkan sumber daya alam dalam negeri untuk menciptakan ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan energi nasional.

Untuk Proyek Pipa Bawah Laut (SPL) dan Fasilitas Bongkar Muat Minyak Mentah (SPM) RU VI Balongan, pada 27 Desember 2018 telah diselesaikan mechanical completion.

Sedangkan langkah selanjutnya adalah operational acceptance, pengalihan aset ke RU Balongan, dan pemasangan permanen buoy.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.