Sukses

Pewaris Disney Sebut Gaji Bob Iger Tak Masuk Akal, Mengapa?

Abigail Disney sebut gaji CEO Disney Bob Iger saat ini sangat tidak masuk akal.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin menjadi seorang pemimpin perusahaan besar di dunia memiliki gaji jutaan dolar sudah menjadi hal biasa. Namun ternyata, gaji yang saat ini didapatkan oleh Bob Iger sebagai CEO Disney saat ini sangat tidak masuk akal bagi Abigail sang ahli waris dari Disney.

Dilansir dari laman CNBC, Abigail Disney mengkritik kesenjangan gaji yang terjadi antara Iger dan karyawannya di Fast Company Impact Council pada Kamis lalu.

Saat ini gaji Bob Iger mencapai USD 65,6 juta atau lebih dari Rp 923,4 miliar (Kurs USD 1 = Rp 14.077). Berdasarkan penelitian Equilar, jumlah ini ternyata 1.424 kali lipat dari rata-rata gaji yang didapatkan karyawan Disney.

Kritik Abigail ini ternyata bukan pertama kalinya ia lakukan. Pada Maret lalu, ahli waris Disney ini mengatakan jika gaji CEO mencapai 700, 600, 500 kali lipat dari upah pekerja yang ada.

Dalam cuitannya di twitter, Abigail mengaku bahwa ia merupakan penggemar Iger meskipun ia tak setuju dengan tingkat gaji yang didapatkannya.

Abigail begitu terbuka mengkritik pengeluaran Disney yang begitu berlebihan untuk eksekutifnya tersebut. Kabarnya, Abigail juga akan mengeluarkan peraturan yang menentang pemakaian jet pribadi bagi sang CEO karena baginya ini sangat tidak adil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Klarifikasi Pihak Disney

Namun pihak The Walt Disney Company mengatakan jika gaji yang saat ini Bob Iger dapatkan sudah sangat sesuai dengan kinerja baiknya selama ini.

Selama Iger menjabat sebagai CEO pada 2005, ia telah berhasil membuat saham Disney naik dari USD 24 menjadi USD 132 per saham. Tidak hanya itu saja, ia juga telah berhasil membuat Disney tumbuh secara eksponensial selama dekade terakhir dengan pendapatan mencapai USD 75 miliar pada bulan lalu.

Juru bicara The Walt Disney juga menambahkan, saat ini perusahaan telah berinvestasi secara signifikan ke dalam gaji dan mobilitas karyawan, termasuk menerapkan upah mulai dari USD 15 per jamnya.

Tidak hanya itu saja, Disney juga berkomitmen akan memberikan waktu yang luang bagi para pekerja yang saat ini sedang melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi dan bahkan akan juga memberikan beasiswa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini