Sukses

Ini 5 Tips Atur Waktu bagi Para Pengusaha

Lima hal ini akan bantu pebisnis dapat manajemen waktu terbaik.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen waktu sangat penting dalam bisnis. Meskipun kerja keras dapat membuat Anda sukses tapi memprioritaskan tanggung jawab adalah hal yang utama.

Oleh karena itu, diperlukan manajemen waktu yang sangat baik untuk dapat memprioritaskan segala tugas dan tanggung jawab.

Namun sayangnya, kebanyakan para pebisnis gagal dalam mengatur waktunya dalam bekerja sehingga mereka mengalami kesulitan dalam menjalani bisnis tersebut.

Sebenarnya mengatur waktu sangatlah mudah jika Anda mengetahui cara terbaiknya. Mau tahu bagaimana cara termudah dan terbaik untuk mengatur waktu pagi para pebisnis?

Dilansir dari laman Business.com, berikut lima hal yang dilakukan untuk mendapatkan manajemen waktu terbaik:

1. Belajarlah untuk Meminta Tolong

Sebagian orang terlalu sungkan, dan malu untuk meminta bantuan kepada orang lain. Namun, ternyata jika Anda ingin memiliki manajemen waktu terbaik, maka mulailah untuk tidak sungkan dalam meminta bantuan saat beratnya tugas yang melanda Anda.

Ini tentunya akan membantu Anda lebih cepat dalam bekerja, dan menyelesaikan tugas lainnya.

 

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Delegasikan Tugas Sesering Mungkin

Mendelegasikan tugas hampir sama dengan meminta bantuan tapi sedikit berbeda. Buatlah suatu tim yang dapat membantu Anda untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ada.

Membagi tugas akan membuat waktu Anda lebih efisien. Tidak hanya itu saja, membagi tugas dengan para tim akan membuat anggota tim lebih fokus dalam satu tugas.

3. Percayalah pada Anggota Tim Anda

Setelah Anda memiliki tim yang tepat, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah 'percayalah pada tim tersebut'. 

Lantaran banyak para pemimpin bisnis yang kurang percaya pada anggota timnya, dan hal ini membuat mereka menjadi tidak percaya untuk menyelesaikan tugasnya hingga pada akhirnya tugas tersebut terbengkalai.

Jika anggota tim Anda mendapatkan kepercayaan,  akan semakin cepat juga mereka menyelesaikan tugas yang ada.

 

3 dari 3 halaman

4. Buatlah Daftar Tugas dan Kegiatan

Langkah selanjutnya adalah buatlah daftar kegiatan dan tugas yang akan Anda beserta tim lakukan. Usahakanlah disiplin terhadap tugas tersebut. Hal ini tentunya akan membuat Anda dan tim semakin mudah untuk memiliki manajemen waktu terbaik.

5. Fleksibel

Meskipun tedapat daftar tugas dan kegiatan, tapi tetap ingatlah untuk fleksibel. Jangan hanya karena ingin lebih cepat selesai, ini membuat Anda memporsir diri dan bekerja keras tanpa mengingat waktu.

Sedikitlah fleksibel, jika Anda merasa lelah maka istirahatlah. Selanjutnya, jika tugas hari ini sudah selesai maka berhentilah, jangan memaksakan diri untuk menyelesaikan tugas hari esok. Ini akan membuat Anda sangat lelah hari ini dan tidak bersemangat pada hari berikutnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.