Sukses

Miliarder Ini Imbau Negara Teluk dan Israel Segera Berdamai

Miliarder asal Uni Emirat Arab ini menilai perdamaian antara negara teluk dan Israel akan menguntungkan.

Liputan6.com, Dubai - Miliarder asal Uni Emirat Arab (UEA), Khalaf Ahmad Al Habtoor, menyerukan perdamaian antara Israel dan Gulf Cooperation Council (GCC) atau Dewan Kerjasama Teluk. Ia menyebut ada banyak sektor yang kedua pihak bisa kerjakan bersama, termasuk pertahanan.

Dilansir dari The Jerusalem Post, Khalaf menyebut sudah ada preseden yakni Mesir, Maroko, dan Yordania yang berdamai dengan Israel. Meski perdamaian Israel-Negara Teluk tak banyak yang membahas, sang miliarder menyebut banyak yang memikirkannya.

"Sebuah topik yang banyak orang pikirkan tetapi takut didiskusikan: Mengapa negara GCC tidak menandatangani traktat perdamaian dengan Israel, sama seperti yang sudah dilakukan Mesir, Maroko, dan Yordania sebelumnya? Marilah kita bekerja bersama dan berkooperasi di ranah teknologi, agrikultur, bahkan pertahanan," ujar sang miliarder lewat akun Twitter resminya.

Menteri Komunikasi Israel, Ayoob Kara, menyambut baik ajakan sang miliarder. Sebuah undangan mengunjungi Israel pun dikirimkan untuk Khalaf.

Lebih lanjut, Menteri Kara berkata musuh sebenarnya di kawasan mereka adalah Iran yang disebut sebagai satu-satunya musuh koalisi Saudi dan Israel.

Sang miliarder dari Dubai pun menyebut ada syarat koalisi antara negara teluk dan Israel, yaitu pemberian hak bagi rakyat Palestina.

"Saya percaya negara-negara GCC harus menandatangani traktat damai dengan Israel, dan sebagai balasannya Israel harus membalas kebaikan dengan memberi rakyat Palestina hak mereka. Kolaborasi GCC-Israel akan menguntungkan rakyat kedua pihak," ujarnya.

Khalaf adalah pemimpin Habtoor Group. Perusahaan yang berbasis di Dubai itu bergerak di sektor hospitality, otomotif, pendidikan, rental mobil, dan real estate.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Miliarder Arab Dukung Aksi Donald Trump Lawan China

Sebelumnya, ada lagi miliarder Arab yang berani mengungkapkan idenya mengenai kondisi geopolitik. Miliarder bernama Hussain Sajwani ini mendukung ketegasan Presiden Donald Trump terhadap China, karena praktik dagang Negeri Tirai Bambu tidaklah adil. 

Hussain, yang diketahui memiliki kesepakatan terkait lapangan golf dengan Trump, disebut paham mengapa sang presiden memiliki kebijakan yang keras pada China. Pasalnya, Hussain merasakan sendiri ketidakadilan ketika berbisnis di China, demikian lansiran Bloomberg.

"Jika pasar di AS dan Eropa terbuka untuk perusahaan China untuk berbinis, perusahaan non-China haruslah diperlakukan dengan sama di negara tersebut," ujar Hussain yang memiliki kantor di London.

"Berbisnis di China telah menjadi salah satu tantangan bagi perusahaan-perusahaan global. Di situlah di mana saya merasa bersimpati pada pemerintah AS ketika mereka ingin perlakuan setara," tambah sang miliarder yang kerap berbagi motivasi di media sosial. 

Ketika ditanya tentang hubungan bisnisnya bersama Trump, miliarder kelahiran Dubai ini mengaku puas pada kualitas dan layanan bisnis Trump Organization.

"Tanpa organisasi tersebut, kami tidak akan bisa membangun lapangan golf kami. Mr. Trump adalah presiden Amerika Serikat, dan itu beda cerita," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini