Sukses

Teknologi yang Bisa RI Manfaatkan buat Pembangunan di Masa Depan

alam perkembangannya Indonesia akan memanfaatkan kemajuan teknologi bagi pembangunan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro memaparkan perkembangan teknologi di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan. Hal itu dia sampaikan dalam paparan Visi Indonesia 2045, di Four Season Hotel, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Dia mengungkapkan, dalam perkembangannya Indonesia akan memanfaatkan kemajuan teknologi bagi pembangunan. Adapun tren teknologi ke depan yang akan diterapkan di Indonesia meliputi banyak sektor.

"Teknologi digital yaitu mobile internet, otomatisasi dan cloud technology," kata Menteri Bambang.

Kemudian ada jenis teknologi yang mengurangi keterbatasan fisik dan jarak yaitu terdiri dari Internet of Thing (IoT) yang merupakan sebuah konsep.

Ini di mana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer.

"Transportasi dan distribusi, addictive manufacturing/3D printing dan nano technology," ujar Bambang Brodjonegoro.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bidang Energi

Sementara itu di bidang energi, teknologi yang akan berkembang adalah energi terbarukan meliputi surya atau matahari, angin, nuklir, bio, dan geothermal atau panas bumi.

"Dan teknologi kesehatan yaitu genetika, pengobatan dan pemulihan, pelayanan kesehatan," ujarnya.

Dia menjelaskan, saat ini sudah ada beberapa pengembangan teknologi yang dilakukan. Salah satunya adalah di bidang e-commerce atau perdagangan elektronik yang mengubah perdagangan konvensional menjadi elektronik.

Lalu ada industri 4.0 yang mengintegrasikan proses produksi secara virtual berbasis siber dan artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

"Blockchain, perpaduan AI, big data, dan IoT, mampu melakukan verifikasi transaksi keuangan real time sehingga tidak diperlukan lagi pihak ketiga rekayasa genetika meningkatkan kualitas hidup," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bappenas adalah kementerian yang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang perencanaan pembangunan nasional.

    Bappenas

  • Teknologi

Video Terkini