Sukses

Jelang Puasa, Harga Daging Ayam Naik Perlahan

Harga daging ayam perlahan-lahan naik.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang kedatangan bulan puasa, harga daging ayam mengalami kenaikan. Pihak pedagang menjelaskan, harga ayam tak akan langsung melonjak, melainkan merangkak naik perlahan.

"Harga ayam satu kilo Rp 38 ribu. Ini harga mulai naik, seminggu lalu sudah mulai naik, kalau ayam itu kan enggak langsung mendadak naiknya," ucap Merie (58) ke Liputan6.com di Pasar Slipi, Jakarta Barat, pada Senin (22/4/2019).

Merie tidak bisa berbuat banyak karena harga sudah naik dari kandang. Ia berharap harga daging tidak terlalu melonjak. Sebab, selain memberatkan pedagang, juga menyusahkan para pembeli.

Tak jauh dari lapak Merie, pedagang lain Ani (59) menjual dengan harga yang sama, yakni Rp 58 ribu per kg dan Rp 50 ribu per kg untuk bagian fillet. Senada dengan Merie, Ani menyebut kenaikan harga sudah mulai terjadi dalam skala kecil.

"Ini naiknya seribu, seribu, seribu," jelas Ani seraya mengimplikasikan harga naik perlahan tapi pasti.

Jika harga naik pun ia menginginkan kisaran harga naik yang wajar bagi daging ayam seperti tahun lalu. "Harapannya, meski naik tapi masih stabil," ucap Merie.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daging Sapi

Harga daging sapi sejauh ini masih stabil, yakni Rp 120 ribu per kg. Namun, seperti dikabarkan sebelumnya, para pedagang daging sapi juga menyiratkan kenaikan harga segera terjadi.

"Harga masih 12 (Rp 120 ribu per kg), cuman bagian has doang yang 14 (Rp 140 ribu per kg)," ujar Abad Kemed (80). Selain itu, ia menjual bagian ati di kisaran Rp 60-80 ribu dan tetelan sekitar Rp 70 ribu per kg. 

Ketika ditanya harga jelang bulan Ramadan, Abad Kemed memperkirakan harga akan naik pekan depan, meski ia belum bisa memastikan naik ke harga berapa. "Belum naik. Menjelang lebaran juga seminggu lagi naik," ujarnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.