Terminal Domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai Kembali Beroperasi

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 20 Apr 2019, 17:01 WIB
(Foto: Dok PT Angkasa Pura I)

Liputan6.com, Jakarta - Operasional di Terminal Domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sudah beroperasi normal untuk para calon penumpang pasca terjadinya kebakaran di area terminal domestik yang terjadi pada Jumat sore 19 April 2019.

Angkasa Pura I telah menyiapkan rencana operasional bagi penumpang penerbangan domestik yang akan melakukan proses check-in.

Para calon penumpang yang menggunakan maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air dan NAM Air setiba di bandara dapat langsung menggunakan konter check-in nomor 1 hingga 22 di terminal domestik yang tidak terdampak kebakaran untuk melakukan proses check-in dan bagasi.

"Sedangkan bagi calon penumpang yang menggunakan maskapai Air Asia, Batik Air, Wings Air, Lion Air dan Travira Air, untuk saat ini dapat melakukan proses check-in melalui Island E - Terminal Keberangkatan Internasional. Nantinya akan ada petugas yang akan mengarahkan calon penumpang melewati jalur penghubung Hotel Novotel Bali menuju boarding lounge Terminal Domestik," ujar General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Haruman Sulaksono, Sabtu (20/4/2019).

Guna meningkatkan kenyamanan bagi calon penumpang, manajemen Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali juga telah membersihkan dan menutup area yang terdampak kebakaran.

"Harapannya setelah ditutup dan dibersihkan akan membuat calon penumpang yang datang kembali merasa aman dan nyaman," tambah Haruman.

 

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

2 of 4

Sempat Dilayani di Penerbangan Internasional

(Foto: Dok PT Angkasa Pura I)
Bandara I Ngurah Rai Bali (Foto: Dok PT Angkasa Pura I)

PT Angkasa Pura I (Persero) telah menyiapkan rencana operasional keberangkatan bagi calon penumpang penerbangan domestik yang ingin melakukan check in melalui Terminal Keberangkatan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Keputusan ini diambil menyusul terjadinya insiden kebakaran kecil di area terminal domestik pada pukul 16.50 WITA.

"Dengan kesigapan dan kecepatan Petugas PKP-PK dan Avsec Bandara telah berhasil memadamkan api pada pukul 17.20 WITA dan mengevakuasi penumpang ketempat yang aman dari sekitar lokasi kejadian," ujar General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Haruman Sulaksono.

Adapun mengenai penyebab terjadinya kebakaran, saat ini AP I menunggu investigasi lebih lanjut dari pihak terkait.

Manajemen Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali meminta maaf atas ketidaknyaman yang timbul akibat aktivitas pemulihan area yang terkena dampak dari kejadian kebakaran ini.

"Para calon penumpang pesawat domestik baik Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, Nam Air dan Lion Air Grup dapat menggunakan Counter Check in island E Terminal Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali," tambah Haruman.

Para penumpang kemudian akan diarahkan oleh petugas melalui jalur connecting yang melewati Hotel Novotel menuju boarding gate. Secara umum kejadian ini tidak mengganggu aktivitas operasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

"Angkasa Pura I selaku pengelola bandara juga telah menyediakan help desk dan snack box bagi calon penumpang yang penerbangan terdampak dari kejadian kebakaran di Terminal Domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali," pungkas dia.

 

3 of 4

19 Penerbangan Terdampak

Bandara I Gusti Ngurah Rai (Foto: Dok PT Angkasa Pura I)
Bandara I Gusti Ngurah Rai (Foto: Dok PT Angkasa Pura I)

Sebelumnya, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mengalami kebakaranpada sore tadi, Jumat, 19 April 2019  pukul 16.50 WITA.

Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 17.20 WITA setelah tiga unit kendaraan ARFF milik PT Angkasa Pura I dan tiga unit kendaraan pemadam kebakaran Badung serta tiga unit kendaraan pemadam kebakaran dari Denpasar diterjunkan.

Saat ini, proses penyisiran kerusakan masih terus dilakukan.

Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim menjelaskan, untuk kelancaran lalu lintas di bandara, pelayanan di terminal domestik dipindah sementara ke terminal internasional.

"Ya betul, pelayanan domestik dipindah ke terminal internasional," katanya, Jumat, 19 April 2019.

Begitu juga dengan beberapa penerbangan di antaranya Garuda Indonesia, Air Asia, Sriwijaya, Nam Air dan Citilink, dipindah sementara ke terminal internasional.

Sementara maskapai lainnya tetap beroperasi normal di terminal domestik.

"Ada 19 flight yang terdampak yakni Lion Air 4 flight, Garuda Infonesia 5 flight, Nam Air 2 flight, Batik Air 2 flight, Wings Air 1 flight, Air asia 1 flight, Citilink 3 flight dan Sriwijaya Air 1 flight," kata dia.

 

 

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓