5 CEO Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Oleh Athika Rahma pada 21 Apr 2019, 06:00 WIB
Mary Barra, CEO General Motors (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, New Jersey - Saat mendengar kata CEO, mungkin yang terbayang di pikiran Anda adalah laki-laki yang kreatif dan mampu mengembangkan bisnis seperti Mark Zuckerberg dengan Facebooknya, Bill Gates dengan Microsoftnya dan lainnya.

Namun, bukan berarti tidak ada CEO wanita yang turut andil dalam bisnis di seluruh dunia. Meski jumlahnya tidak sebanyak CEO pria, mereka tetap memiliki peran besar.

Dilansir dari Forbes, berikut lima CEO wanita paling berpengaruh di dunia:

1. Marry Barra

Siapa yang menyangka kalau CEO General Motors adalah seorang wanita? Ya, Marry Barra yang mendedikasikan hidupnya dengan menjadi teknisi Pontiac Motor Division sebelum menjadi CEO GM patut diacungi jempol atas kerja kerasnya.

Barra merupakan CEO wanita pertama yang memimpin perusahaan otomotif. Pada 2017, ia mendapat penghasilan USD 22 juta atau sekitar Rp 308,94 miliar (asumsi kurs Rp 14.043 per dolar AS).

Barra masuk ke dalam daftar World's Most Powerful Woman milik Forbes dan menduduki peringkat 4.

2 of 5

2. Lisa Davis

Lisa Davis
Lisa Davis

Davis adalah CEO Siemens Corporation USA, yang berusaha mengembangkan bisnis berbasis energi terbarukan. Ia merupakan penanggung jawab atas lebih dari setengah pendapatan yang dihasilkan perusahaan senilai USD 92 miliar atau Rp 1.291 triliun, serta perusahaan gas dan listriknya.

3 of 5

3. Wang Feng Ying

Wang Feng Ying
Wang Feng Ying (Foto: Istimewa)

Wanita asal China bernama Wang Feng Ying juga tidak kalah dari Barra. Dia memimpin perusahaan produksi mobil Great Wall Motors. Dikabarkan, dia juga bekerja sama dengan BMW untuk menciptakan miniatur kendaraan listrik di China.

4 of 5

4. Geisha Williams

Geisha Williams (Foto: Istimewa)
Geisha Williams (Foto: Istimewa)

Williams merupakan CEO wanita lainnya yang berhasil memimpin PG&E, perusahaan gas alam. Visi misi perusahaan ini sejalur dengan agenda California pada 2020 dalam bidang pembaruan energi, membuatnya menjadi perusahaan besar yang berperan bagi masyarakat dan lingkungan. Ia juga merupakan wanita berdarah Latin pertama yang masuk ke dalam daftar Fortune 500 Company.

5 of 5

5. Melanie Kreis

Melanie Kreis
Melanie Kreis

Kreis merupakan CFO yang memimpin perusahaan logistik, Deutsche Post DHL Group. Perusahaan logistik terkenal dan berpengaruh asal Belanda ini sudah banyak membantu pengiriman logistik dari dan ke seluruh penjuru dunia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by