Suka Koleksi Barang Antik? Catat 4 Tempat Ini

Oleh Fitriana Monica Sari pada 21 Apr 2019, 20:00 WIB
20161009-berburu-brang-antik-jalan-surabaya-jakarta-GM5

Liputan6.com, Jakarta - Bicara hobi, memang banyak sekali macamnya, mulai dari hobi kerajinan tangan, olahraga, hingga hobi koleksi barang antik. Nah, yang manakah hobi Anda?

Jika ternyata Anda hobi mengoleksi barang antik, tentu Anda ingin terus menambah koleksi benda-benda bernilai seni ini, bukan? Lalu, apakah Anda sudah tahu tempat-tempat berburu barang antik?

Jika Anda kebetulan tinggal di area Jakarta dan sekitarnya, ada banyak tempat yang menjual barang-barang antik sebagai koleksi. Karena saking terkenalnya, tak heran bila banyak kolektor barang antik dari berbagai daerah datang ke Ibukota hanya berburu barang antik.

Di mana sajakah itu? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut tempat mencari barang antik di Jakarta yang bisa Anda kunjungi untuk menambah koleksi barang-barang bernilai jadul seni tinggi.

1. Barang Antik di Jalan Ir. H. Juanda, Ciputat, Jakarta Selatan

Jika Anda berminat pada barang antik berupa mebel, patung ukir, dan karya seni lainnya, maka Anda wajib mengunjungi kawasan Jalan Ir. H. Juanda. Banyak barang antik yang bisa Anda temukan di sini, bahkan lukisan-lukisan karya pelukis ternama Indonesia sekalipun.

Berbagai barang ini bahkan sudah begitu tua, maka Anda bisa saja menemukan barang peninggalan Belanda di lokasi yang satu ini.

Bukan hanya oleh warga lokal saja, kawasan Jalan Ir. H. Juanda ini bahkan kerap disambangi oleh wisatawan mancanegara yang berburu barang antik Indonesia.

2 of 5

2. Barang Antik Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat

20161009-berburu-brang-antik-jalan-surabaya-jakarta-GM6
Turis asing berfoto di kawasan penjual barang antik di Jalan Surabaya, Jakarta, Minggu (10/9). Selain sebagai tempat berjualan pasar barang antik tempat ini juga sebagai obyek wisata bagi turis yang berkunjung ke Indonesia. (Liputan6.com/Gempur M. Surya)

Lokasi ini sudah dikenal sejak puluhan tahun lalu dan menjadi pusat penjualan barang antik yang paling populer di kawasan Jakarta. Tak tanggung-tanggung, sekitar 200 kios bisa Anda temukan di kawasan ini.

Kios-kios ini menjual berbagai barang antik yang unik, bahkan sulit Anda temukan di berbagai tempat lainnnya.

Ada banyak barang yang bisa kamu temukan, seperti kamera kuno, piringan hitam, kaset pita, perabotan dapur, tas dan koper kuno, perangkat musik jadul, hiasan dinding dan aneka pajangan kuno, perangkat elektronik tua, mesin ketik kuno, dan masih banyak lagi benda lainnya yang tak kalah menarik.

Berbagai barang zaman dahulu dan antik ini bisa Anda temukan dengan harga yang bervariatif, bahkan masih bisa Anda tawar juga menjadi lebih murah dan terjangkau.

3 of 5

3. Barang Antik di Blok M Square, Jakarta Selatan

Suasana kios buku di mal Blok M Square (Liputan6.com/ Rezki Apriliya Iskandar)
Suasana kios buku di mal Blok M Square (Liputan6.com/ Rezki Apriliya Iskandar)

Kawasan Blok M Square menjadi lokasi yang tepat untuk dikunjungi para meminat barang antik berupa kaset dan buku-buku lawas yang sudah sulit ditemukan di pasaran.

Di lokasi ini Anda bisa menemukan berbagai koleksi kaset, komik, novel, buku-buku langka dengan seri yang cukup lengkap.

Harga yang ditawarkan juga cukup masuk akal, terutama jika Anda memiliki kemampuan yang baik dalam urusan tawar menawar.

4 of 5

4. Barang Antik di Pasar Taman Puring, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

[Bintang] Jakarta
Pasar Taman Puring, Jakarta Selatan. (fadlimustamin/Instagram)

Dikenal sebagai tempat berburu sepatu yang keren, Taman Puring juga menyediakan beragam barang antik yang unik, lengkap dengan seni tawar menawar sebagaimana layaknya di pasar tradisional.

Ada banyak barang antik yang bisa Anda temukan di lokasi ini, antara lain berbagai perlengkapan rumah zaman dahulu, piring kuno, garpu dan sendok jadul, hiasan/pajangan antik, telepon dengan desain kuno, dan lainnya.

Pada umumnya sebagian orang yang datang berburu barang antik di sini akan membeli kebutuhan dekorasi kafe atau restoran bergaya vintage yang belakangan ini sangat diminati. Namun jika Anda ingin membeli barang antik sebagai koleksi pribadi juga tidak ada salahnya, bukan?

Jeli Memilih dan Pintar Menawar Harga

Bagaimana? Sudah tak sabar ingin menambah koleksi barang antik? Tak usah tunggu lama-lama lagi, segera datangi tempat-tempat penjualan barang-barang antik di atas dan lengkapi koleksi Anda sekarang juga.

Tapi tetap harus diingat agar tetap selalu jeli dalam memilih barang yang akan dibeli dan jangan lupa untuk selalu menawar, agar Anda bisa mendapatkan harga terbaik untuk setiap barang yang akan dibawa pulang.

 

5 of 5

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓