Sukses

Mau Tak Bokek usai Libur Panjang? Simak Tips Ini

Lakukan 6 hal ini agar uang Anda tetap aman saat libur panjang akhir pekan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat libur panjang kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan keuangannya sehingga setelah liburan telah berakhir tamat juga riwayat uang yang dimiliki.

Jika tidak ingin ini terjadi pada diri Anda, berhematlah meskipun saat libur panjang akhir pekan seperti ini.

Namun sayangnya, kebanyakan orang tidak mengetahui bagaimana cara yang terbaik untuk menghemat uang dan menjaga uang mereka agar tetap aman saat long weekend tiba.

Ternyata ada beberapa tips yang harus dilakukan agar hemat uang saat libur panjang akhir pekan menurut para ahli. Mau tahu apa sajakah itu? Penasaran?

Dilansir dari laman Bustle, berikut ini 6 hal yang harus Anda lakukan untuk hemat dan menjaga uang tetap aman selama long weekend:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Berusahalah untuk Tetap Produktif

Jangan mentang-mentang libur panjang jadi Anda bermalas-malasan dan hanya menghamburkan uang saja. Kreatiflah untuk menghasilkan uang.

Jika Anda suka memasak, maka cobalah untuk mencoba resep-resep baru lalu jual. Atau, jika Anda senang mengajar maka bukalah les privat pada hari tersebut.

Intinya, berusahalah selalu kreatif untuk mendapatkan uang lebih selama liburan. Ingat jangan boros. Jika Anda menginginkan makanan sesuatu, berusahalah untuk membuatnya daripada membeli.

 

3 dari 7 halaman

2. Pisahkan Uang Liburan di Akun Rekening yang Berbeda

Jika Anda memang menginginkan untuk berlibur maka mulailah menabung dan pisahkanlah uang tersebut. Buatlah, dua akun rekening bank yang berbeda akan menjaga keuangan Anda tetap aman dan stabil.

 

4 dari 7 halaman

3. Jika Ingin Pergi, Jangan Bawa Kartu ATM ataupun Kredit

Ini yang paling terpenting. Meskipun tidak praktis tapi ini cara terbaik untuk menjaga uang Anda. Ingat jangan bawa kartu-kartu yang nantinya mempermudahkan Anda untuk berbelanja tanpa limit. Namun, ini bukan berati Anda harus membawa uang yang sangat banyak. Bawalah secukupnya saja agar tidak terlalu riskan dan aman.

 

5 dari 7 halaman

4. Juallah Beberapa Barang yang Tidak Terpakai

Libur panjang merupakan waktu yang sangat tepat bagi Anda untuk membongkar kembali lemari dan mencari barang-barang yang masih terpakai.

Jika barang tersebut masih bagus dan cukup menarik, Anda bisa menjualnya. Selain barang tersebut akan kembali menjadi berguna, Anda akan mendapatkan uang dari hasil penjualan tersebut.

 

6 dari 7 halaman

5. Jangan Beli Makanan dari Luar

Kebanyakan orang akan malas saat liburan tiba, bahkan mereka lebih suka membeli makanan dari luar dibanding harus membuatnya. Hindarilah hal ini jika ingin uang Anda aman selama liburan. Kumpulkan niat Anda untuk memasak. Jika ingin tetap membeli, tapi carilah makanan yang termurah.

 

7 dari 7 halaman

6. Bijaklah saat Berbelanja

Banyak orang yang menggunakan waktu liburannya untuk berbelanja, jika Anda termasuk kedalam jenis yang seperti ini. Maka, bijaklah dalam memilih apa yang akan Anda belanjakan. Jika Anda pikir barang tersebut bisa dibuat atau tidak terlalu dibutuhkan, maka janganlah membelinya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.