Ditolak Bekerja? Jangan Kelamaan Terpuruk, Move On dengan Cara Ini

Oleh Athika Rahma pada 20 Apr 2019, 10:00 WIB
Ditolak Bekerja? Jangan Kelamaan Terpuruk, Move On dengan Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Gagal dalam wawancara kerja di posisi yang diinginkan mungkin menyakitkan. Padahal, entah sudah berapa besar tenaga dan waktu yang dikorbankan agar wawancara berjalan lancar.

Meski begitu, kita harus tetap bersabar dan berpikir positif terhadap kegagalan ini.

Ada sebagian orang yang tidak menyerah dan langsung bersemangat untuk wawancara kerja selanjutnya, ada pula yang sulit beranjak karena memimpikan posisi itu dari lama.

Jangan terlalu lama terpuruk, segera bangkit dan temukan motivasi Anda lagi dengan tips ini, dilansir dari Business Insider:

1. Apresiasi Diri Sendiri

Ketika Anda sudah berhasil membawa diri Anda ke tahap wawancara kerja, jangan lupa selalu apresiasi diri sendiri. Anda sudah melalui tahap ini ketika banyak orang di luar sana yang gagal.

Meski tahap wawancara tidak berjalan dengan lancar, tetap berikan selamat pada diri sendiri. Hal itu akan membuat Anda merasa bahagia, setidaknya beberapa tahap sudah dilewati dengan usaha terbaik.

2 of 3

3. Ucapkan Terima Kasih

Ditolak Bekerja? Jangan Kelamaan Terpuruk, Move On dengan Cara Ini
Ditolak Bekerja? Jangan Kelamaan Terpuruk, Move On dengan Cara Ini. Sumber foto: unsplash.com/Brooke Cagle.

Banyak yang "membenci" perusahaan ketika menolak kandidat saat wawancara, apalagi pada saat tahap terakhir. Anda tidak boleh menjadi salah satu orang yang bersikap seperti itu.

Tetap ucapkan terima kasih pada perusahaan karena telah memberi kesempatan bagi Anda. Toh, meskipun tidak lanjut, Anda tetap bisa belajar banyak dari kegagalan ini.

4. Perbaiki CV

Kalau Anda ditolak beberapa perusahaan dalam waktu yang sama, coba cek apakah ada yang belum lengkap dari lamaran pekerjaan. Cek apakah ada informasi yang belum diperbarui, layout CV dan lainnya. Pastikan semuanya sudah sesuai dan layak dikirim.

3 of 3

5. Jangan Berkutat di Satu Posisi

Ditolak Bekerja? Jangan Kelamaan Terpuruk, Move On dengan Cara Ini
Ditolak Bekerja? Jangan Kelamaan Terpuruk, Move On dengan Cara Ini | unsplash.com

Memang benar kalau Anda punya prinsip bekerja di bidang yang spesifik, dan itu bukan hal buruk.

Tapi kalau terus menerus memaksakan ingin di posisi itu (dan kenyataannya belum kunjung diterima), Anda harus lebih terbuka dengan posisi lain yang kualifikasinya hampir sama. Mungkin saja, posisi itu justru yang terbaik untuk Anda.

6. Coba Daftar Lagi

Kalau Anda merasa sudah memiliki kemampuan yang cukup, coba lagi daftar di perusahaan yang sama. Itu menandakan Anda sangat tertarik bekerja di sana dan membuat perusahaan mengetahui eksistensi Anda. Jangan patah semangat dan coba terus, ya!

Lanjutkan Membaca ↓