Jokowi-Ma'ruf Amin Unggul di TPS Ketua DPD Oesman Sapta

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 17 Apr 2019, 17:08 WIB
Diperbarui 18 Apr 2019, 15:16 WIB
(Foto: Liputan6.com/Maulandy R)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 sekaligus petahana Joko Widodo (Jokowi) meraih keunggulan mutlak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang diisi Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO), yakni TPS 006 di Jalan Karang Asem II, Kelurahan Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 006, Maryono mengungkapkan, pasangan calon Jokowi-Ma'ruf Amin berhasil mengalahkan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi dengan perbandingan 184 berbanding 30 suara.

"Keseluruhan surat suara yang digunakan 218. Jumlah suara sah 214. Untuk 01 ada 184 suara, 02 ada 30 suara. Yang rusak (tidak sah) ada 4," ujar dia, Rabu (17/4/2019).

Secara perhitungan total, terdapat 302 surat suara di TPS 006 ini. Untuk sisa 84 surat suara yang tak terpakai, Maryono menuturkan, 83 di antaranya belum tersentuh, sementara 1 surat suara tidak sah lantaran salah coblos.

Dia menambahkan, penyelenggaraan pesta demokrasi di tempatnya pun terkendali dengan baik, sehingga tidak menimbulkan efek antrean panjang dari calon pemilih.

"Aman, tertib, lancar, tepat waktu. Tidak ada pemilih yang menunggu kita selesai," ujar dia.

 

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

2 of 3

Prediksi OSO

(Foto: Liputan6.com/Maulandy R)
Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang memberikan hak suaranya di TPS 006 Kuningan Timur, Jakarta Selatan (Foto:Liputan6.com/Maulandy R)

Sebelumnya, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang atau yang akrab disapa OSO memprediksi Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) bisa mencapai kemenangan dalam proses Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 dengan angka minimal 60 persen.

Pernyataan itu dilontarkan dia sehabis menyumbangkan hak pilih tak jauh dari kediamannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 006, Jalan Karang Asem II, RW 02, Kelurahan Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

"Saya prediksi paling sedikit 60 persen untuk 01. Mungkin lebih, tapi Wallahualam," ujar dia, Rabu, 17 April 2019

Namun begitu, dia belum bisa berandai-andai berapa kemenangan Jokowi di tempatnya mencoblos. "Mudah-mudahan 01 lebih banyak di sini," harap dia.

Secara pertimbangan, Wakil Ketua MPR ini menyatakan, banyak warga yang menjatuhkan pilihannya kepada Jokowi lantaran apa yang telah dilakukannya selama lima tahun terakhir  menjabat sebagai orang nomor satu RI.

"Karena prediksi banyak sekali contoh-contoh yang dilakukan 01 ini yang membawa segar kepada masyarakat, dan enggak bisa dipengaruhi masyarakat. Akhirnya masyarakat bisa membuktikan, pilihannya secara tulus dan ikhlas berdasarkan hati nurani," tutur dia.

Oesman Sapta Odang pun optimistis, warna putih yang kerap diidentikan dengan pasangan Capres-Cawapres 01 bisa mewakili kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin. "Bukan hanya (memutihkan) TPS. Siap memutihkan hatinya untuk memilih 01," tegasnya.

 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓