Terdaftar Pemilih Tambahan, Menko Luhut Bakal Nyoblos di TPS Kuningan Timur

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 17 Apr 2019, 09:07 WIB
Diperbarui 17 Apr 2019, 09:21 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan sampai di TPS 005 di Jalan Denpasar II, Kuningan Timur, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Terik matahari pagi menyertai langkah warga yang hendak melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 005 di Jalan Denpasar II, Kuningan Timur, Jakarta Selatan. Salah seorang pejabat rencananya juga akan ikut menyumbangkan suaranya pada TPS ini, yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Kabar itu disampaikan oleh Ketua RW 02 Kelurahan Kuningan Timur, Alex Asmasoebrata. "Iya, Menteri Luhut akan ikut coblos di sini," ujar Alex saat berbincang dengan rekan wartawan di lokasi TPS, Rabu (17/4/2019).

Kendati begitu, hingga pukul 08.00 WIB, belum tampak sosok sang menteri di area sekitar lokasi TPS. Dia baru tiba di lokasi sekitar pukul 08.25 WIB bersama istri dan dua anaknya.

Luhut dan keluarga kompak mengenakan kemeja serta kaos putih berencana menyumbangkan hak pilihnya pada pukul 09.00 WIB.

Menurut data yang dikeluarkan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Luhut terdaftar sebagai salah satu dari sebanyak 20 pemilih tambahan di TPS 005.

Lokasi rumah Luhut sendiri berada di Jalan Kalisari Raya II Nomor 11, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Secara umum, terdapat 289 pemilih tetap dan 20 pemilih tambahan di TPS 005 ini. Adapun aktivitas di TPS 005 telah dimulai sejak pukul 07.00 WIB, diawali dengan pengucapan sumpah hingga pembukaan kotak suara.

Pemilih mulai memadati lokasi sejak sekitar pukul 07.30 WIB. Hingga pukul 08.00 WIB, antrian pemilih mulai semakin padat hingga menjalar ke luar area tenda.

2 of 2

Mal dan Pusat Perbelanjaan Buka Pukul 11.00 Wib di Hari Pencoblosan Ini

20151020-Ilustrasi-Belanja-di-Pusat-Perbelanjaan
Meriahkan HUT RI Ke-72, Mendag-Menpar Luncurkan Hari Belanja Diskon Indonesia (iStock Photo)

Pusat perbelanjaan dan mal di Ibu Kota baru akan memulai operasi pukul 11.00 WIB pada hari ini. Hal tersebut guna memberikan kesempatan kepada karyawan mal untuk melakukan pencoblosan.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, mal dan pusat perbelanjaan di Ibu Kota tetap buka pada hari pencoblosan. Hanya saya, waktu operasional mundur dari biasanya buka mulai pukul 10.00 WIB menjadi 11.00 WIB.

"Umumnya APPBI memutuskan bahwa anggota APPBI semua harus tetap buka dengan memundurkan jam buka paling cepat jam 11 siang," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Menurut Ellen, mundurnya jam buka mal ini agar karyawan yang bekerja di mal tetap bisa menggunakan hak suaranya untuk mencoblos dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg).

"Ini dimaksud memberikan kesempatan kpd semua karyawan utk mengikuti pilpres," kata dia.

Selain itu, lanjut Ellen, kebijakan ini juga bertujuan agar masyarakat bisa fokus melakukan hak pilihnya, baru kemudian mengunjungi mal bersama keluarga.

"Selain itu, untuk memberikan kesempatan kepada para konsumen untuk mengajak keluarga untuk ke mal. Karena tanggal 17 ini juga kan merupakan hari libur," tandas dia.

Lanjutkan Membaca ↓