Mal dan Pusat Perbelanjaan Buka Pukul 11.00 Wib di Hari Pencoblosan Ini

Oleh Septian Deny pada 17 Apr 2019, 07:32 WIB
20151020-Ilustrasi-Belanja-di-Pusat-Perbelanjaan

Liputan6.com, Jakarta Pusat perbelanjaan dan mal di Ibu Kota baru akan memulai operasi pukul 11.00 WIB pada hari ini. Hal tersebut guna memberikan kesempatan kepada karyawan mal untuk melakukan pencoblosan.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, mal dan pusat perbelanjaan di Ibu Kota tetap buka pada hari pencoblosan. Hanya saya, waktu operasional mundur dari biasanya buka mulai pukul 10.00 WIB menjadi 11.00 WIB.

"Umumnya APPBI memutuskan bahwa anggota APPBI semua harus tetap buka dengan memundurkan jam buka paling cepat jam 11 siang," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Menurut Ellen, mundurnya jam buka mal ini agar karyawan yang bekerja di mal tetap bisa menggunakan hak suaranya untuk mencoblos dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg).

"Ini dimaksud memberikan kesempatan kpd semua karyawan utk mengikuti pilpres," kata dia.

Selain itu, lanjut Ellen, kebijakan ini juga bertujuan agar masyarakat bisa fokus melakukan hak pilihnya, baru kemudian mengunjungi mal bersama keluarga.

"Selain itu, untuk memberikan kesempatan kepada para konsumen untuk mengajak keluarga untuk ke mal. Karena tanggal 17 ini juga kan merupakan hari libur," tandas dia.

2 of 2

Cara Berburu Diskon Menarik Saat Pilpres 17 April di 250 Gerai

Klingking Fun
Menkominfo Rudiantara (tengah) memberikan keterangan program Klingking Fun bertajuk Pesta Diskon Anti Golput di Jakarta, Senin (15/4). KlingKing Fun memberikan diskon khusus untuk warga pemilih yang berpartisipasi mencoblos di TPS seluruh Indonesia pada 17 April 2019 (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Tanggal 17 April menjadi puncak pesta demokrasi di Indonesia. Pada hari tersebut, 192 juta pemilih yang tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan menyumbangkan suaranya dan menentukan nasib Indonesia memiliki pemimpin untuk 5 tahun ke depan.
 
Pada hari tersebut, tidak hanya menyalurkan suara pemilihan, para partisipan pemilu tersebut juga dapat berburu diskon menarik di lebih dari 250 merchant dan gerai ternama di seluruh kota di tanah air. 
 
Bagaimana caranya ?
 
Pemerintah dan swasta telah bersinergi meluncurkan program #KlingkingFun. Konsumen yang dapat menunjukkan jari yang telah dicelup tinta sebagai tanda telah melakukan pencoblosan akan mendapat fasilitas diskon menarik di hari tersebut. Diskon yang diberikan setiap gerai berbeda-beda, dan bisa mencapai 50 persen.
 
Wakil Ketua Umum Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia), Shinta W Kamdani menjelaskan, meski bernama Klingking Fun namun masyarakat dapat menunjukkan jari apapun yang telah tercelup tinta untuk memperoleh diskon tersebut.
 
"Bebas mau jari apapun," kata dia saat ditemui di JS Luwansa, Jakarta, Senin (15/4/2019).
 
Selain mendongkrak jumlah pemilih, program tersebut juga bertujuan untuk menciptakan suasana pemilu sebagai pesta demokrasi agar menjadi lebih ceria dan betul-betul terasa seperti sebuah pesta perayaan.
 
"Kami merasa dari dunia usaha perlu melakukan sesuatu bahwa ini bukan situasi menakutkan, tapi harus jada suasana yang gembira bagi masyarakat," ujarnya.
 
Tidak hanya gerai offline, beberapa e-commerce juga menawarkan promo menarik yang sama. Sebanyak 250 merek dan jaringan retail ternama, mulai darl toko online, fashion, makanan-minuman, sinema, dan banyak lainnya.
 
Beberapa di antaranya adalah: Tokopedia, Sogo, Seibu, Wacoal, Sushi Tei, Alfamart, Cinema XXI, ACE Hardware, Electronic City, dan banyak lainnya. 
 
Tata cara untuk mendapatkan diskon pun sama, untuk online maupun offline. Untuk jaringan online, nantinya akan ada arahan untuk mengupload fhoto jari yang sudah tercelup tinta untuk memperoleh diskon menarik.
 
Hal yang sama berlaku di beberapa bioskop yang ikut program tersebut. Sementara itu, besaran diskon di tiap gerai juga berbeda-beda. Diskon yang ditawarkan cukup menarik hingga 50 persen.
 
Reporter: Yayu Agustini Rahayu
 
Sumber: Merdeka.com
Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by