Sukses

Harga Emas Turun ke Level Terendah dalam Seminggu

Peluang berakhirnya perang dagang AS dan China menekan harga emas.

Liputan6.com, Chicago - Harga emas jatuh ke level terendah dalam lebih dari seminggu pada hari Senin (Selasa pagi WIB) karena harapan Amerika Serikat (AS) dan China akan mencapai kesepakatan perdagangan yang mengangkat selera untuk aset berisiko bahkan ketika dolar AS melemah.

Dilansir dari Reuters, Selasa (16/4/2019), harga emas di pasar spot turun 0,2 persen menjadi USD 1.287,61 per ounce., turun dari USD 1.281,96, terendah sejak 4 April. Emas berjangka AS turun 0,3 persen menjadi USD 1.291,30 per ounce.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan pada hari Sabtu bahwa ia berharap Washington dan Beijing "dekat dengan putaran final" perundingan untuk menyelesaikan sengketa perdagangan antara dua ne ekonomi terbesar dunia.

Tanda-tanda kedua negara sedang menuju kesepakatan untuk mengakhiri perang dagang yang telah merugikan kedua negara miliaran dolar AS dan pasar keuangan yang berantakan - mengangkat sentimen investor dan menekan permintaan emas sebagai safe-haven.

"Secara keseluruhan, orang tidak terpesona oleh emas, mereka tidak melihat banyak potensi terbalik di dalamnya," kata Miguel Perez-Santalla, Wakil Presiden Heraeus Metal Management di New York

Laporan pemerintah AS minggu lalu yang menunjukkan harga impor naik untuk bulan ketiga berturut-turut di bulan Maret, ditambah dengan ekspor Cina yang positif dan angka produksi industri zona euro, meredakan beberapa kekhawatiran atas pertumbuhan global, juga membatasi permintaan untuk emas.

Di sisi teknis, harga turun di bawah MA 100-hari di sekitar USD 1.287, yang menurut para pedagang bisa menjadi sinyal bearish. Logam mulia juga menembus di bawah tanda psikologis kunci USD 1.300 minggu lalu, menunjuk ke bias negatif lebih lanjut.

“Emas datang menuju level support USD 1.280. Orang-orang mengantisipasi bahwa jika emas turun di level ini dan pembeli kembali, itu akan menciptakan bottom jangka pendek, menjadikannya waktu yang tepat untuk mulai mengejar emas," kata Michael Matousek, Kepala Pedagang di Global Investors AS.

“Secara keseluruhan, minggu ini akan sangat lambat dalam hal volume, karena harga akan berfluktuasi; itu akan tampak sedikit lebih tidak stabil karena akan ada lebih sedikit pelaku pasar."

Harga platinum dan paladium di pasar spot turun 0,5 persen menjadi USD 881,5 per ounce dan menjadi USD 1.364,38 per ounce, masing-masing.

Harga perak naik 0,2 persen menjadi USD 14,98 per ounce. Sebelumnya di sesi harga menyentuh terendah sejak 26 Desember di USD 14,81.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

Video Terkini