Prabowo-Sandiaga Bakal Bentuk Bank Tabungan Haji

Oleh Athika Rahma pada 13 Apr 2019, 22:57 WIB
Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat Debat Kelima Pilpres 2019. (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden Nomor Urut 02 Pabowo Subianto berencana untuk membentuk tabungan haji yang baru. Dimana dikelola secara modern dan syariah.

"Kami ingin membentuk bank Tabungan Haji, dimana potensi tersebut akan dikelola secara modern, syariah, tapi efisien dan transparan. Dan dan tersebut bisa bermanfaat untuk umat, dan tidak disalahgunakan untuk kepentingan lain," kata dia dalam Debat Capres Kelima di Hotel Sultan, Sabtu (13/4/2019).

Sementara, Calon Wakil Presiden Nomor urut 02 Sandiaga Uno, mengatakan, ekosistem Indonesia yang mayoritas beragama Islam, berpeluang menerapkan ekonomi syariah yang lebih besar. Dia menuturkan, seharusnya Indonesia bisa mengembangkan dan menjadikan lahirnya bank Syariah se ASEAN.

"Dengan ekosistem tersebut, harusnya mampu, dengan negara muslim terbesar kita ciptakan institusi-institusi keuangan. Misalnya, kita sudah saatnya punya bank syariah terbesar se ASEAN," ucap Sandiaga.

Dirinya merasa terenyuh, negara seperti Malaysia atau di Kuala Lumpur, bahkan di Inggris tepatnya di London, ada bank Syariah terbesar.

"Saya terenyuh, kenapa pusat keuangan Syariah itu tidak di Jakarta, tapi ada di Kuala Lumpur, Hongkong, bahkan di London. Bersama Prabowo-Sandiaga kami yakin akan menciptakan peluang menjadikan Jakarta sebagai pusatnya," jelas Sandiaga.

2 of 2

Jokowi-Ma'ruf Amin akan Bentuk Badan Pengembangan Ekonomi Syariah

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin saat Debat Kelima Pilpres 2019. (Liputan6.com)
Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin saat Debat Kelima Pilpres 2019. (Liputan6.com)

Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ma'ruf Amin menargetkan perbankan, asuransi dan pasar modal Indonesia menjadi yang terbesar di dunia. Hal ini dukung perkembangan produk keuangan syariah di dalam negeri.

"Sebenarnya kita sudah lama membangun ekonomi keuangan syariah dan produk halal. Sekarang sudah banyak bahkan produk keuangan syariah kita terbesar di dunia dari negara-negara lain," ujar dia di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Berpijak dari capaian tersebut, Ma'ruf Amin yakin perbankan, asuransi dan pasar modal Indonesia akan menjadi terbesar di dunia. 

‎‎"Kita berharap perbankan kita bisa jadi terbesar di dunia, asuransi, pasar modal kita menjadi yang terbesar di dunia. Bahkan prduk halal kita jadi andalan untuk seluruh dunia‎. Kita akan mempercepat dengan dengan bentuk Badan Pengembang Ekonomi Syariah," ‎ungkap dia.

Sementara itu, Calon Presiden (Capres) Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, wisata halal Indonesia telah menjadi nomor 1 di dunia. Selain itu, Indonesia juga akan memiliki area khusus halal yang akan diresmikan pekan depan.

"Wisata halal kita yang telah ditetapkan menjadi nomor 1 di dunia. Kita akan fokus dan konsentrasi. Minggu depan depan kita meresmikan halal park dan kita akan perbesar menjadi distrik park," tandas dia.

Lanjutkan Membaca ↓