Sukses

Mau Pergi ke Bulan, Miliarder Jepang Malah Kehilangan Rp 9,8 Triliun

Miliarder Jepang yang akan pergi ke bulan malah kehilangan Rp 9,8 triliun.

Liputan6.com, Tokyo - Miliarder Jepang Yusaku Maezawa harus mengikhlaskan kerugian finansial sebelum bisa pergi ke bulan. Kerugian ini juga mengalahkan capaian penjualan tahun baru perusahaannya.

Dilaporkan Forbes, Maezawa yang merupakan pemilik ritel pakaian Zozo telah kehilangan harta hingga USD 700 juta atau Rp 9,8 triliun (USD 1 = Rp 14.123). Ini diakibatkan jatuhnya saham Zozo sebesar 26 persen dalam setahun terakhir sehingga menghapus kekayaan Maezawa.

Posisi Maezawa pun ikut turun empat peringkat di daftar orang terkaya Jepang dari nomor 18 ke nomor 22. Total hartanya kini adalah USD 2 miliar (Rp 28,2 triliun).

Kerugian yang ditanggung sang miliarder hampir menyamai keuntungan terakhir yang dilaporkan Zozo, yakni sebesar 98 miliar yen atau setara Rp 12,3 triliun (1 yen = Rp 126).

Maezawa menjadi terkenal karena terpilih menjadi miliarder yang akan mengunjungi bulan dengan menunggai roket SpaceX milik Elon Musk. Belum ada tanggal pasti keberangkatan, tetapi Maezawa berjanji akan membawa sejumlah seniman bersamanya.

Di awal tahun ini, Maezawa sempat menyebarkan uang 100 juta yen (Rp 12,6 miliar) di Twitter sebagai tanda syukur karena penjualan tahun baru Zozo mencapai 10 miliar yen (Rp 14,1 triliun). Lebih dari dua juta orang mengikuti undian yang ia langsungkan di Twitter.

Sebelum jadi miliarder, Maezawa pernah bekerja sebagai penjual CD musik. Maezawa yang seorang lulusan SMA mendirikan Zozo pada tahun 1998 lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pernah Sebar Duit Rp 13 Miliar via Twitter

 Miliarder Jepang Yusaku Maezawa membagikan uang total 100 juta yen via Twitter. Bagaimana ceritanya?

Dilansir The Japan Times, Maezawa membagikan uang itu kepada 100 orang beruntung. Caranya pun luar biasa mudah, yakni cukup follow akun Maezawa yakni @yousuck2020 dan retweet twit berikut ini.

Kontes diadakan selama dua hari dari 5-7 Januari 2019 dan terinspirasi dari pencapaian penjualan brand baju Zozotown milik sang miliarder yang mencapai 10 miliar yen pada tahun baru 2019.

"Dengan rasa syukur, saya akan memberikan 100 juta yen (untuk 100 orang) dalam tunai. Untuk ikut, cukup ikuti saya dan RT twit ini," ujar Maezawa. Ia pun berjanji akan mengirim DM langsung ke para pemenang.

Hingga Senin, 7 Januari 2019, twit Maezawa sudah di-RT 3,9 juta orang. Alhasil, twit itu merupakan yang paling banyak di-RT dalam sejarah, mengarahkan selfie bertabur bintang Ellen DeGeneres di ajang Oscar 2014. 

3 dari 3 halaman

Pecinta Seni yang Akan ke Bulan

Pebisnis dan miliarder Yusaku Maezawa akan menjadi orang pertama yang akan terbang ke bulan, meski dia bukan astronot. Ia tidak akan pergi sendiri, melainkan ditemani beberapa seniman.

Dikutip dari Business Insider, Maezawa telah membeli semua bangku penumpang Big Falcon Rocket, dan dia akan memilih enam sampai delapan seniman untuk menemaninya ke bulan. Belum diketahui siapa saja yang akan ia ajak.

Maezawa memang seorang pecinta seni. Ketika muda, ia adalah pemain drum di sebuah grup rock indie bernama Switch Style, nama panggungnya kala itu adalah YOU X SUCK. Ia memutuskan tidak ingin menjadi pekerja kerah putih setelah melihat wajah-wajah letih dalam perjalanan kerjanya di pagi hari.

Pada tahun 2017 kemarin, Maezawa menjadi sorotan media karena membeli lukisan karya Jean-Michel Basquiat senilai USD 110 juta.

Maezawa akan terbang mengelilingi bulan setidaknya pada 2023. Uniknya dia ingin membawa serta sejumlah seniman untuk mengubah seluruh perjalanan menjadi proyek seni bernama #dearmoon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini