Biar Aman, Dirut BCA Minta Nasabah Segera Migrasi ke Teknologi Chip

Oleh Liputan6.com pada 11 Apr 2019, 20:17 WIB
Diperbarui 13 Apr 2019, 14:14 WIB
20160517-Presiden Direktur PT BCA Tbk, Jahja Setiaatmadja-Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja mengingatkan nasabah BCA untuk selalu bertransaksi secara aman. Untuk itu dia mengajak semua nasabah untuk segera mengganti kartu berjenis garis magnetik (magnetic stripe) menjadi kartu dengan teknologi chip.

Dia menegaskan hal tersebut guna meminimalisir tindak kejahatan perbankan yang dapat menimpa nasabah. Sebab kartu dengan teknologi chip disebut jauh lebih aman dibanding magnetic stripe.

"Kalau namanya aman itu bank menjaga Anda, tapi Anda juga harus memprotek (melindungi) diri sendiri," kata dia dalam acara peluncuran buka rekening online di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Jahja mengungkapkan, saat ini dari total 18 juta nasabah, baru setengah yang sudah menggunakan kartu dengan chip, "18 juta nasabah baru separuh pakai, mereka enggak mau tukar kartu (jadi chip)," ujarnya.

Dia berpesan kepada seluruh nasabah untuk segera datang ke kantor cabang dan menukar kartu yang masih menggunakan magnetic stripe.

Di beberapa kantor cabang bahkan sudah disediakan mesin khusus untuk migrasi kartu tersebut sehingga nasabah tidak perlu antri di customer service dan dapat melakukannya sendiri.

"Saya anjurkan sekarang silahkan datang tukar kartu BCA Anda, tolong gantikan dengan chip karena keamanannya itu lebih baik daripada magnetic stripe," imbuhnya.

 

2 dari 4 halaman

Aturan Bank Indonesia

20160303-Jahja Setiaatmadja-Presiden Direktur BCA-AY
Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja saat memberi paparan kinerja kerja Bank BCA di Jakarta, (3/3). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain itu, dia menyatakan Bank Indonesia telah mengeluarkan aturan mulai tahun 2021 kartu dengan magnetic stripe sudah tidak diperbolehkan lagi.

"Nanti tahun 2021 - 2022 yang magnetic stripe di Indonesia enggak bisa dipakai, jadi mau tidak mau suka tidak suka anda harus ganti," ujarnya.

Oleh karena itu dia menyarankan kepada nasabah agar segera mengganti kartu mulai dari sekarang. Sebab jika menunda-nunda ditakutkan akan terjadi antrian panjang penggantian kartu.

"Bayangkan orang berbondong-bondong, kesulitan, jadi harus ganti sekarang," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

3 dari 4 halaman

Hore, Sekarang Buka Rekening BCA Tak Perlu ke Cabang

Permudah Layanan Nasabah, BCA Luncurkan Aplikasi Terbaru
Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja memberi sambutan saat peluncuran produk dan layanan terbaru BCA dalam momentum ulang tahun ke-60 di BCA, Jakarta. Rabu (22/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) hari ini meluncurkan fitur baru yaitu buka rekening secara online di BCA Mobile. Pembukaan rekening tersebut diharapkan menjadi pilihan bagi nasabah yang tidak sempat berkunjung ke Kantor Cabang BCA untuk melakukan pembukaan rekening.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja dalam acara Peluncuran buka rekening di BCA Mobile, di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Kamis (11/4/2019). 

"Digital transformation mendorong perbankan untuk menawarkan efisiensi dan kenyamanan yang lebih baik bagi masyarakat, khususnya nasabah," kata dia.

Dia mengungkapkan, sebelumnya masyarakat dan nasabah yang ingin memiliki dan membuka rekening BCA harus mendatangi kantor cabang terdekat dengan membawa sejumlah dokumen.

"Kali ini, melalui aplikasi BCA Mobile, pembukaan rekening tersebut semakin mudah, karena nasabah hanya perlu mengunduh aplikasi BCA Mobile dan memilih fitur Buka Rekening Baru pada halaman utama BCA Mobile," ujarnya.

Jahja mengungkapkan, tanpa harus menyambangi kantor cabang BCA terdekat, nasabah dapat menyelesaikan transaksinya hanya dalam genggaman. Walaupun demikian, BCA tidak berhenti berinovasi dalam menciptakan solusi perbankan yang aman dan praktis.

“Kami menyadari waktu menjadi semakin berharga saat ini dan perbankan harus dapat memaksimalkan penggunaan digital untuk mendukung masyarakat dan nasabah agar dapat lebih produktif dan efisien. Salah satu caranya adalah dengan mempermudah buka rekening melalui BCA Mobile, sehingga niat untuk memiliki rekening baru atau rekening tambahan dengan tujuan tertentu dapat dilakukan lebih mudah, lebih singkat, kapan, dan di manapun,” ujarnya.

Untuk buka rekening di BCA Mobile, setelah memilih fitur Buka Rekening Baru pada halaman utama BCA Mobile, nasabah dan calon nasabah akan diarahkan untuk memilih produk rekening BCA. Ada tiga produk tabungan yang bisa dibuka, yaitu Tahapan, Tahapan Gold dan Tahapa Xpresi.

Hanya dengan 4 langkah mudah untuk buka rekening, yaitu download BCA Mobile, siapkan dokumen dan data diri, video call untuk verifikasi data diri, dan setoran awal baik melalui transfer ke rekening maupun setor tunai tanpa kartu di ATM Setar (Setor Tarik) BCA terdekat.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓