Mau Kaya saat Pensiun? Catat 2 Hal Ini Generasi Milenial

Oleh Ayu Lestari Wahyu Puranidhi pada 12 Apr 2019, 08:00 WIB
Diperbarui 12 Apr 2019, 08:00 WIB
Ilustrasi pensiun (iStock).
Perbesar
Ilustrasi pensiun (iStock).

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin memikirkan hari pensiun masih terlalu dini bagi sebagian orang terutama generasi milenial. Namun ternyata, hal ini cukup penting tuk dilakukan karena jika Anda terus merasa muda dan acuh terhadap hari pensiun, nantinya hidup Anda di masa pensiun akan terasa begitu menyulitkan.

Anda tidak mau ini terjadi bukan? Untuk itu, berikut ada dua hal yang harus dipersiapkan terutama oleh generasi milenial jika ingin masa pensiunnya tetap hidup makmur. Mau tahu apa saja?

Dilansir dari laman CNBC, berikut 2 hal yang harus diperhatikan generasi milenial jika ingin hari pensiunnya hidup kaya:

 

2 dari 3 halaman

1. Lunasi Setiap Utang yang Anda Miliki

[Bintang] Utang
Perbesar
Ilustrasi utang | Sumber Foto: usnews.com

Jika Anda saat ini masih memiliki banyak tagihan kredit atau utang maka segeralah untuk melunasinya selagi Anda masih muda dan memiliki banyak waktu.

Jangan berleha-leha, jangan berpikir 'Saya masih muda, nanti saja utangnya saya lunasi'. Jangan pernah berpikir seperti ini. Semakin cepat Anda melunasi utang, maka semakin tenang hari Anda di masa pensiun.

 

3 dari 3 halaman

2. Mulailah untuk Berinvestasi

Merencanakan Dana Pendidikan Anak Semudah Menggenggam Smartphone
Perbesar
Ilustrasi investasi.

Jangan jadikan umur sebagai patokan Anda untuk mulai berinvestasi. Belajarlah sedikit demi sedikit untuk mengetahui dunia investasi.

Jangan menunggu memiliki uang banyak untuk memulai investasi karena ini sama saja kesalahan besar.

Menurut Tonny Robbins, penulis sekaligus salah satu miliarder dunia ini mengatakan, sisihkanlah 1 hingga 5 persen pendapatan Anda untuk berinvestasi dan angka ini akan berubah menjadi 10 hingga 20 persen.

Pelajari dan cari tahu investasi apa yang terbaik. Lalu segeralah memilih untuk berinvestasi, karena semakin cepat berinvestasi maka semakin baik pula hidup Anda ke depannya.

 

Lanjutkan Membaca ↓