Sukses

Jokowi Samakan Menteri Basuki dengan Willem Daendels

Di masa kini, semua bisa berbangga dan merasakan jalan tol dari Cawang di Jakarta hingga Probolinggo di Jawa Timur sepanjang 840 km.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ibarat salah satu Gubernur Jenderal Hindia Belanda yaitu Herman Willem Daendels yang menyambungkan jalan-jalan di Tanah Air.

“Kalau dulu ada Anyer-Panarukan, yang dikerjakan oleh Daendels sekarang ada Merak-Banyuwangi yang dikerjakan Menteri PUPR,” kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara peresmian jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) di Gerbang Tol Pasuruan-Probolinggo Timur, Jawa Timur, seperti dikutip dari Antara, Rabu (10/4/2019).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang hadir menyambut kedatangan Presiden Jokowi hanya tersenyum-senyum mendengar ungkapan Presiden Jokowi tersebut.

Basuki bersama Menteri BUMN Rini Soemarno dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Gerbang Tol Probolinggo Timur.

Basuki pun kemudian mendampingi Presiden Jokowi meninjau dan meresmikan Tol Paspro sepanjang 31,30 kilometer yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Jokowi mengibaratkan menterinya sebagai Daendels yang menyambungkan jalan di Pulau Jawa dari Anyer hingga Panarukan karena jajarannya itu pun mampu menyambungkan jalan tol dari Merak hingga Banyuwangi.

Dalam sejarahnya, Herman Willem Daendels diangkat menjadi Gubernur Jenderal di Hindia Belanda dan mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris dengan membangun jalan dari Anyer-Panarukan sepanjang 1.000 km.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masa Kini

Di masa kini, kata Jokowi, semua bisa berbangga dan merasakan jalan tol dari Cawang di Jakarta hingga Probolinggo di Jawa Timur sepanjang 840 km.

“Kalau kita lihat dari Cawang sampai Probolinggo sekarang sudah tembus 840 km. Kalau dimulai dari ujung barat, dari Merak sampai Probolinggo tembus 962 km,” kata Jokowi.

Ia kemudian menjelaskan target selanjutnya yakni menembuskan jalan tol dari Merak sampai Banyuwangi sepanjang 1.148 km. “Berarti kurang 186 km Insha Allah tembusnya tahun 2021,” katanya.

Presiden Jokowi kemudian menginstruksikan agar berbagai persoalan yang masih menjadi kendala dalam pengoperasian jalan tol tersebut segera dirampungkan.

 

3 dari 3 halaman

Tol Pasuruan-Probolinggo

Khusus untuk Tol Pasuruan-Probolinggo Timur beroperasinya jalan tol yang merupakan bagian dari jaringan jalan tol Trans Jawa ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh secara signifikan dari Pasuruan ke Probolinggo dan sebaliknya, dari sebelumnya 2,5 jam menjadi 30 menit.

Proyek Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo diperoleh Waskita pada 2015 dengan nilai kontrak sebesar Rp2,9 triliun.

Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo memiliki tiga gerbang tol (GT) yakni GT Tongas, GT Probolinggo Barat dan GT Probolinggo Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.