Terkuak, Ini 10 Sumber Kekayaan Para Miliarder di Dunia

Oleh Tommy Kurnia pada 09 Apr 2019, 07:21 WIB
Diperbarui 09 Apr 2019, 07:21 WIB
Ini 10 Daftar Orang Terkaya Dunia Tahun 2017 Versi Forbes
Perbesar
Peringkat kedua diikuti oleh pemilik Berkshire Hathaway, Warren Buffett. Kekayaan pria 86 tahun ini mencapai US$ 75,6 miliar atau sekitar Rp 1.005 triliun. (NYC)

Liputan6.com, Washington, D.C. - Tahun ini CEO Amazon Jeff Bezos kembali dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia versi Forbes. Ia menggeser Bill Gates yang selama bertahun-tahun awet di posisi puncak.

Namun, pergantian antara dua miliarder itu sebetulnya tidak terlalu revolusioner. Sebab, keduanya berasal dari industri yang sama: teknologi.

Tahun ini, ada 205 miliarder di daftar Forbes yang berasal dari sektor teknologi, atau 9 persen dari keseluruhan daftar. Bos Alibaba, Tencent, dan Bytedance (induk Tiktok), juga masuk ke daftar Forbes berkat perkembangan teknologi.

Untungnya, ada banyak jalan menuju daftar Forbes. Ini terbukti dengan tiada industri yang mendominasi sumber uang miliarder.

Ambil contoh Kylie Jenner. Hanya dengan bermodal pengetahuannya di industri fashion dan kosmetik, ia berhasil menjadi miliarder termuda di dunia pada usia ke-21.

Industri keuangan, yang notabene mengelola uang orang lain, justru menjadi sumber dana teratas bagi para miliarder. Tercatat 14 persen miliarder berasal dari sektor ini.

Selengkapnya, berikut 12 industri yang mencetak para miliarder di dunia, seperti dikutip Forbes.

2 dari 3 halaman

10 Sumber Kekayaan

[Bintang] Kylie Jenner
Perbesar
Dilansir dari E! News, Kylie Jenner mengaku bahwa tubuhnya sangat berubah usai melahirkan. (ExpatWoman)

Berikut daftar industri serta jumlah miliarder yang mereka cetak tahun ini.

1. Keuangan dan investasi: 310 miliarder (14 persen)

2. Fashion dan ritel: 235 miliarder (11 persen)

3. Real estate: 220 miliarder (10 persen)

4. Manufaktur: 207 miliarder (9 persen)

5. Teknologi: 205 miliarder (9 persen)

6. Diversifikasi: 194 miliarder (9 persen)

7. Makanan dan minuman: 165 miliarder (7 persen)

8. Pelayanan kesehatan: 134 miliarder (6 persen)

9. Energi: 94 miliarder (4 persen)

10. Media dan hiburan: 73 miliarder (3 persen)

3 dari 3 halaman

Warisan dan Perceraian Juga Menjadi Sumber Kekayaan

Jeff Bezos
Perbesar
Jeff Bezos dan MacKenzie menghadiri Sean Penn & Friends HAITI RISING Gala ke-7 di Hollywood, California, 6 Januari 2018. (MICHAEL KOVAC / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Selain 10 industri di atas, ada pula cerita antara Jeff Bezos dan mantan istrinya, MacKenzie. Wanita yang membantu Bezos mendirikan Amazon telah masuk daftar orang terkaya di dunia. 

Sesuai peraturan hukum di negara bagian Washington tempat pasangan itu tinggal, pasangan suami-istri wajib membagi harta yang mereka hasilkan selama pernikahan ketika bercerai. Setelah perceraian difinalisasi pekan lalu, MacKenzie membawa pulang USD 35 miliar atau sekitar Rp 495 triliun (asumsi kurs USD 1 = Rp 14.150)

Sebetulnya, MacKenzie bisa mendapat lebih dari itu, termasuk kendali saham Amazon. Tetapi, wanita yang juga berprofesi sebagai novelis itu memilih menyerahkannya kepada Bezos. 

MacKenzie telah menjadi wanita terkaya nomor empat di dunia setelah Francoise Bettencourt Meyers (L'Oreal), Alice Walton (Walmart),  Jacqueline Mars (Mars). Ketiganya mendapatkan kekayaan berkat perusahaan yang dibangun keluarga mereka. 

Lanjutkan Membaca ↓