Sukses

Pasokan Langka, Harga Bawang Meroket di Pasar Tradisional

Harga bawang merah dan bawang putih melonjak dalam satu minggu terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak terasa bulan suci Ramadan tinggal menghitung hari. Harga-harga komoditas pangan seperti bawang merah dan bawang putuh \terpantau naik di pasar tradisional.

Salah satu pedagang sayuran di pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Yadi menuturkan kenaikan tersebut sudah terjadi sejak satu bulan belakangan ini. Namun lonjakan harga tertinggi terjadi dalam satu minggu terakhir.

Dia mengungkapkan, semua jenis bawang yaitu bawang merah dan bawang putih keduanya mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. "Bawang putih Rp 50.000 per kilogram (kg), bawang merah juga sama," kata dia kepada Merdeka.com, Minggu (7/4/2019).

Padahal, normalnya harga bawang tersebut berada pada kisaran Rp 30.000 hingga Rp 35.000 per kg nya.Yadi melanjutkan, selain harganya yang mahal, bawang tersebut pasokannya kian menurun. "Apalagi bawang merah, selain stoknya kurang juga barangnya jelek-jelek, banyak yang busuk," ujarnya.

Yadi mengaku sudah beberapa hari kiosnya tidak menjual bawang merah. Seperti hari ini, hanya nampak bawang putih yang ada di kios sayuran tersebut.

Menurut dia, kemungkinan harga bawang dan harga pangan lainnya akan terus mengalami kenaikan menjelang bulan Ramadan, mengingat bulan suci tersebut masih sekitar satu bulan lagi."Pasti naik lagi," ujarnya.

Selain bawang, tomat juga mengalami lonjakan harga yang signifikan. Bulan lalu, harga tomat berada di kisaran Rp 14.000 per Kg. "Sekarang tomat Rp 20.000 per Kg. Harga Ramadan," ujarnya.

Sementara itu harga semua jenis cabai dan sayuran lainnya terpantau masih normal berada di kisaran Rp 30.000.

Berdasarkan data dari infopangan.jakarta.go.id harga rata-rata bawang putih hari ini adalah Rp 38.962 per Kg. Kemudian harga bawang merah adalah Rp 42.777 per Kg. Sementara harga cabai rawit merah harganya Rp 31.666 per Kg, cabai rawit hijau Rp 26.703 per Kg dan cabai merah besar Rp 33.888 per Kg dan harga tomat Rp 16.259 per Kg.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini