Sukses

3 Tips Berburu Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran

Jangan sampai ketinggalan, berikut tips mencari tiket kereta api untuk mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Meski lebaran masih beberapa bulan lagi, PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah menjual tiket untuk mudik, bahkan tiket tambahan sudah dijual. Tiket tambahan itu mulai dijual pada Sabtu dini hari.

Sesuai janji KAI, ada 50 kereta api tambahan dengan hampir 30 ribu kursi yang disediakan bagi para pemudik Lebaran. KA tambahan tersebut tersedia pada stasiun-stasiun besar seperti Gambir, Senen, Cirebon, Tawang, Lempuyangan, Kutoarjo, Surabaya Gubeng, hingga Malang.

Tak hanya menyediakan kereta api tambahan, pihak PT KAI juga memberikan tips agar calon penumpang bisa sampai ke kampung halaman di tengah sengitnya perburuan tiket kereta api.

Seperti apa tipsnya? Berikut 3 tips PT KAI untuk membeli tiket kereta api untuk mudik lebaran 2019:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pastikan Koneksi Internet Kuat

Ini yang pertama wajib disiapkan, yakni koneksi internet yang stabil agar proses pembelian tidak terputus di tengah jalan.

Pihak KAI juga menegaskan agar penumpang membeli tiket di kanal resmi KAI atau mitra yang resmi bekerja sama dengan KAI. Tujuannya jelas agar menghindari tambahan biaya yang tak wajar.

Untuk bertanya, kunjungi ke Twitter resmi KAI atau akun Instagram resminya.

3 dari 4 halaman

2. Pintar Memilih Rute

Jangan pusing jika rute tujuan sudah terlanjur habis. KAI menyebut penumpang bisa mengakalinya dengan memilih jalur lain dulu, kemudian disambung ke lokasi tujuan.

Contoh, jika ingin ke Solo dari Jakarta, tetapi tiket sudah habis, maka coba beli tiket ke Bandung terlebih dahulu. Setelahnya, beli tiket dari Bandung ke Solo yang masih tersedia.

Alternatif lain, KAI menyarankan bisa menggunakan kereta persambungan, misalnya dari Jakarta ke Cirebon, lalu Cirebon ke Solo.

Sebagai catatan, penumpang harus melihat jadwal kedatangan dan keberangkatan dua kereta itu agar tidak tergesa-gesa ketika berganti kereta.

4 dari 4 halaman

3. Gunakan KAI Access

Penumpang diajak memantau ketersediaan tiket secara berkala. Salah satu kemudahan yang KAI sediakan adalah aplikasi KAI Access.

Aplikasi itu membeirkan kemudahan dalam berbagai layanan seperti mengganti jadwal, pembatalan, dan pembelian tanpa harga tambahan. Sebab, membeli lewat mitra akan kena biaya tambahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.