Jam Berapa Orang Sukses Seperti Obama dan Elon Musk Tidur?

Oleh Athika Rahma pada 03 Apr 2019, 19:01 WIB
Diperbarui 05 Apr 2019, 07:13 WIB
Jam Berapa Obama, Elon Musk dan Orang Sukses Lainnya Tidur?

Liputan6.com, Jakarta - Kita semua tahu manfaat tidur cukup memang menyehatkan. Semua ahli menyarankan untuk tidur 8 jam sehari. Bahkan tak jarang yang mengaitkan kalau tidur cukup membuat orang akan sukses dalam hidupnya. Benarkah itu?

Jika benar, apakah Barack Obama, Elon Musk, Oprah Winfrey dan orang sukses lainnya tidur 8 jam sehari?

Inilah waktu bagi mereka untuk istirahat setelah beraktivitas seharian, dilansir dari CNBC, Rabu (3/4/2019):

1. Elon Musk

CEO Tesla Elon Musk mungkin bisa dibilang tidak punya kebiasaan tidur yang tidak teratur. Kadang dia bisa tidur di lantai pabrik, kadang di sofa kantornya. TapiĀ Elon MuskĀ bilang kalau dia selalu bangun pagi.

Elon berkata dirinya bisa tidur 6 jam sehari. Dia biasa bangun rutin jam 7 pagi untuk mengecek email penting. Bisa disimpulkan kalau pebisnis sukses ini tidur jam 1 pagi.

2. Barack Obama

Mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama dikenal sebagai 'makhluk malam' karena biasa tidur larut malam. Artikel New York Times tahun 2016 menyebutkan kalau Obama sering mengirim email larut malam bahkan hingga lebih dari pukul 1 dini hari semasa dia tinggal di Gedung Putih.

Dia biasa makan malam bersama istri dan anak-anaknya pukul 06.30 sore, dilanjut dengan bekerja di kantor pribadinya selam 4 hingga 5 jam.

"Saya membaca draf atau mengerjakan dokumen hingga pukul 11.30 malam, setelahnya saya biasa membaca buku sekitar 1,5 jam hingga pukul 12.30 malam," ungkap Obama kepada Jon Meacham, Pemimpin Redaksi Newsweek, 2009 lalu.

2 of 3

3. Oprah Winfrey

Jam Berapa Obama, Elon Musk dan Orang Sukses Lainnya Tidur?
Jam Berapa Obama, Elon Musk dan Orang Sukses Lainnya Tidur? (Instagram/@oprahwinfrey)

Oprah mungkin jadi produser, filantropis dan aktris tersibuk kala itu, tapi dia dilaporkan tetap menjaga waktu tidurnya. Jadwal tidurnya teratur, yaitu pukul 10 malam dan bangun keesokannya pukul 6 pagi.

"Hal terakhir yang saya lakukan sebelum pergi tidur adalah menulis lima hal menyenangkan yang saya alami hari ini," ungkapnya. Ini menjadi rutinitas untuk merenungkan diri agar esok dia bisa berkarya lebih baik.

4. Richard Branson

CEO Virgin Group Richard Branson dikenal sebagai sosok petualang, namun dia punya waktu tidur yang teratur lengkap dengan rutinitas sebelum istirahat.

Setelah makan malam, dia senang menyendiri di satu ruangan sembari minum teh dan melihat email serta media sosial miliknya. Dia juga memastikan untuk mematikan seluruh gawainya sebelum tidur.

"Jika saya punya waktu, saya akan membaca buku atau melihat serial dokumenter untuk merelaksasi pikiran agar bisa tidur nyenyak. Kira-kira pukul 11 malam saya sudah tidur dan biasanya saya butuh 5 hingga 6 jam tidur," ujarnya.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by