Sukses

Jangan Disepelekan, Ini Pentingnya Miliki Asuransi Aset

Ini dia manfaat dan kelebihan asuransi

Liputan6.com, Jakarta - Minat masyarakat untuk memiliki asuransi aset agaknya masih sangat rendah, terutama untuk produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Padahal sangat penting untuk memiliki asuransi aset untuk di masa yang akan datang, lo!

Hal yang menyebabkan rendahnya tingkat ketertarikan masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia terhadap produk asuransi, yaitu ketidaklengkapan informasi yang didapat masyarakat mengenai lembaga ini dalam usaha meningkatkan kualitas kehidupan di masa mendatang.

Asuransi adalah istilah yang merujuk pada tindakan, sistem, atau pun bisnis yang bertanggung jawab atas penggantian kerugian untuk jiwa, properti, dan kesehatan dari kejadian tidak terduga, seperti kerusakan, kehilangan, atau kematian.

Banyak orang beranggapan bahwa asuransi produk konsumsi untuk kelas atas yang memiliki dana lebih, sehingga menggunakan asuransi aset untuk mendapat perlindungan lebih.

Padahal asuransi memiliki banyak manfaat dan kelebihan bagi masyarakat luas, lho! Apa saja? Ini dia manfaat dan kelebihan asuransi, seperti dikutip dari TunaiKita:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Asuransi secara Umum

Banyak yang mengabaikan untuk memiliki asuransi, padahal asuransi memiliki manfaat dan kelebihan untuk proteksi diri.

- Memberikan Ketenangan

Anda tidak pernah mengetahui kemungkinan yang akan terjadi esok hari. Setiap hari yang harus dilalui dengan kemungkinan kejadian yang bisa saja menuntut pengeluaran tak terduga.

Jika Anda termasuk orang yang siap terhadap sesuatu yang akan terjadi, risiko kerugian yang diakibatkan oleh kejadian yang tidak terduga tersebut bisa diminimalisir dengan mudah.

Bagaimana dengan Anda yang menyadari kalau ternyata Anda bukan tipe orang yang seperti itu? Dengan adanya penyedia layanan jasa asuransi ini bisa memberikan jawaban dan meringankan beban ketika terjadi sesuatu yang terduga.

Asuransi aset memiliki manfaat untuk memberikan proteksi dari risiko ketidakpastian dan dipercaya lebih mampu meningkatkan rasa percaya diri bagi kamu pemegang asuransi.

Penggantian yang akan diberikan dari pihak penyedia layanan jasa asuransi ini setidaknya akan menutupi sebagian hingga seluruh kewajiban pembayaran Anda atas suatu kejadian.

Asuransi dikenal sebagai alternatif pengendalian kerugian atau loss control dengan melakukan survei lapangan serta memberikan rekomendasi kepada pemegang polis untuk melakukan tindakan preventif dan penanggulangan kerugian.

- Sebagai Investasi dan Tabungan

Memiliki asuransi sama saja dengan berinvestasi atau menabung. Dengan mendaftarkan diri sebagai nasabah pemegang polis di suatu penyedia layanan jasa asuransi, Anda akan mendapatkan jaminan pengembalian investasi pada akhir kontrak.

Asuransi yang diperuntukkan investasi juga memberikan kelonggaran dan fleksibilitas dalam memilih masa pertanggungan. Biasanya akan ada tiga pilihan waktu masa pertanggungan nasabah pemegang polis, yaitu 5, 7, dan 10 tahun. Selain itu, besarnya premi adalah premi tunggal yang relatif terjangkau dan bisa dibebaskan dari biaya administrasi.

3 dari 6 halaman

- Membantu Minimalkan Kerugian

Tergantung dari jenis asuransinya masing-masing, fungsi dari kepemilikan asuransi secara umum adalah membantu para pemegang polis untuk meminimalkan kerugian dari kejadian tidak terduga, yang mungkin terjadi seperti biaya kerugian bencana kebakaran, kecelakaan, serta biaya rumah sakit.

- Membantu Mengatur Keuangan

Salah satu hal yang paling penting dari memiliki asuransi aset, yaitu kewajiban untuk membayar premi secara rutin. Ini tentu tidak memaksa Anda untuk menyediakan dana cadangan yang digunakan ketika terjadi kejadian tak terduga.

Meskipun begitu, ketika kejadian tak terduga itu benar-benar terjadi dan mengharuskan kamu mengeluarkan kocek yang cukup banyak untuk menanggulangi hal tersebut.

Dengan adanya asuransi aset, akan membantu untuk mengurangi pengeluaran tidak terduga yang biasanya jauh lebih tinggi dari pengeluaran rutin harian atau bahkan bulanan.

Dengan memiliki asuransi, Anda tidak perlu membayarkan biaya penuh atas kerugian yang dialami karena pihak penyedia layanan jasa asuransi ini akan menyediakan ganti rugi.

4 dari 6 halaman

Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenisnya

Selain manfaat dan kelebihan yang dimiliki, asuransi juga memiliki manfaat berdasarkan jenis. Setiap asuransi memberikan manfaat sesuai jenis proteksi khusus yang berbeda-beda. Berikut jenis-jenis asuransi sesuai dengan manfaat yang diberikan.

1. Asuransi Kesehatan

Produk asuransi ini merupakan yang paling penting untuk dimiliki dan memberikan manfaat untuk para pemegang polis atas jaminan biaya kesehatan atau perawatan ketika terjadi kecelakaan atau jatuh sakit. Asuransi kesehatan menjamin ketersediaan dana yang dibutuhkan untuk membiayai kebutuhan kesehatan kamu dan keluarga.

Sakit atau kecelakaan bukanlah kejadian yang direncanakan dan tidak ada orang yang menginginkan hal itu terjadi. Namun, kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi dan bagaimana dampaknya kepada kita.

Hal inilah yang menjadi perhatian para penyedia layanan jasa asuransi untuk membantumu dalam memberikan jaminan kesehatan, seperti contohnya biaya rawat inap dan biaya operasi.

2. Asuransi Jiwa

Asuransi ini diperuntukkan bagi orang yang menanggung kerugian finansial tidak terduga yang disebabkan oleh risiko kematian atau risiko hidup terlalu lama.

Penggunaan asuransi jiwa akan memberikan manfaat untuk mengganti program JPS (Jaring Pengaman Sosial) pemerintah, karena turut membantu menjaga stabilitas masyarakat, dan menjadi salah satu sumber keuangan.

5 dari 6 halaman

3. Asuransi Jaminan Hari Tua

Asuransi ini bertujuan memberikan kepastian pendapatan pemegang polis ketika telah menjalani masa pensiun, dan juga kepada keluarganya apabila tertanggung meninggal dunia.

Asuransi ini juga membantu penggunanya mewujudkan impian setelah memasuki masa tua, karena dananya bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan di masa mendatang.

4. Asuransi Pendidikan

Asuransi ini dikenal sebagai alternatif tabungan pendidikan bagi anak yang direncanakan akan menjalani masa sekolah dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Asuransi pendidikan terbagi menjadi dua jenis, yaitu proteksi dan investasi.

6 dari 6 halaman

5. Asuransi Properti

Asuransi ini memang tidak begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Asuransi properti merupakan salah satu jenis asuransi yang memberikan jaminan kepada para pemegang polisnya untuk menjaminkan rumah atau bisnis yang menjadi sub-jenis asuransi properti. Aset penting, seperti rumah, kantor, atau gedung sekarang ini dinilai perlu mendapatkan proteksi lebih.

Dengan mendaftarkan aset berharga, maka Anda akan mendapat jaminan dari pihak asuransi bila terjadi musibah yang mengakibatkan rusak atau hilangnya aset berharga tersebut. Ganti rugi yang dialami bila terdaftar menjadi pemegang polis akan ditutup oleh pihak asuransi.

6. Asuransi Kendaraan Bermotor

Jenis asuransi ini memberikan jaminan perlindungan dari kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor bagi para pemegang polis. Kerugian atau kerusakan yang ditanggung oleh pihak penyedia jasa asuransi kendaraan bermotor antara lain:

- Kecelakaan lalu lintas, seperti benturan, tabrakan, sampai terperosok

- Perbuatan jahat dari orang lain

- Pencurian

- Kebakaran

Pilih Asuransi Sesuai Kebutuhan

Jika Anda ingin merasa aman dan nyaman di hari tua nanti, Anda bisa memiliki asuransi sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai kejadian tidak terduga seperti jatuh sakit atau kecelakaan malah tidak mempunyai biaya untuk berobat. Alternatif yang bisa Anda gunakan yakni asuransi, itulah mengapa pentingnya memiliki asuransi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Asuransi merupakan sebuah layanan yang menawarkan penggantian atas risiko kerugian yang mungkin terjadi akibat peristiwa yang tak terduga.

    Asuransi

  • TunaiKita

Video Terkini