Sukses

Harga Emas Naik karena Bursa Saham AS Melemah

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas menguat pada perdagangan Selasa, pulih dari level terendah dalam hampir empat pekan karena kejatuhan bursa saham. Namun, penguatan dolar AS dan data ekonomi AS serta China yang membaik membatasi kenaikan harga emas.

Mengutip CNBC, Rabu (3/4/2019), harga emas di pasar spot naik 0,2 persen ke level USD 1.290,29 per ounce, setelah menyentuh level terendah sejak 7 Maret di USD 1.284,76 per ounce.

Untuk harga emas berjangka AS berakhir USD 1,20 lebih tinggi ke level USD 1.295,40 per ounce.

"Bursa saham telah berubah menjadi negatif. Hal ini menjadi peluang untuk logam mulia," jelas analis senior RJO Futures, Bob Haberkorn. Bursa saham AS melemah setelah selama tiga hari terus mengalami penguatan.

Sementara investor mencari tanda-tanda bahwa pertumbuhan ekonomi dunia sudah membaik usai rebond data manufaktur China dan AS. Hal tersebut tentu saja mengganjal pasar emas sehingga kenaikan harga emas tertahan.

Jika pertumbuhan ekonomi membaik tidak ada alasan bagi investor untuk menyimpan instrumen lindung nilai seperti logam mulia. Mereka akan mencari instrumen dengan risiko tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perdagangan Sebelumnya

Pada perdagangan sebelumnya, harga emas di pasar spot merosot 0,2 persen menjadi USD 1.289,20 per ons. Sementara harga emas berjangka AS lebih rendah 0,3 persen menjadi USD 1.294,20 per ounce.

"Penjualan ritel yang buruk jelas memberi emas penarik jangka pendek, terutama pada tingkat di mana tidak terlalu banyak pihak yang ingin menjual secara agresif," kata Tai Wong, Kepala Perdagangan Derivatif Logam Mulia di BMO.

Penjualan ritel AS secara tak terduga turun pada bulan Februari, memperkuat pandangan pertumbuhan ekonomi AS yang lesu pada kuartal pertama. Ini menekan dolar, memperkuat daya tarik emas di antara pembeli yang memegang mata uang lainnya.

Namun, emas batangan menyerah setelah data menunjukkan terjadi rebound dalam aktivitas manufaktur AS pada bulan Maret.

Data mengikuti angka pengeluaran konsumen yang lebih lemah dari perkiraan pada Januari dan pertumbuhan pendapatan sederhana di Amerika Serikat, mengipasi kekhawatiran bahwa pertumbuhan global yang melambat menyebar ke ekonomi terbesar di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.

    emas

  • Logam mulia atau logam adi adalah logam yang tahan terhadap korosi maupun oksidasi.

    logam mulia