Sukses

Sri Mulyani: Gedung OJK Bakal Jadi Contoh Platinum Green Building

Pembangunan gedung ini merupakan wujud dari pemanfaatan aset milik negara yang ada di Kemenkeu.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyepakati penggunaan barang milik negara di lokasi Lot-1 kawasan Sudirman Central Business District (SCBD) Jakarta untuk pembangunan gedung Indonesia Financial Center. Sebagian dari gedung ini akan dimanfaatkan sebagai kantor pusat OJK.

Dalam sambutannya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pembangunan gedung ini merupakan wujud dari pemanfaatan aset milik negara yang ada di Kemenkeu.

"MoU ini dalam rangka untuk maksimalkan aset milik negara. Saat ini nilai aset negara yang dikelola oleh Kemenkeu sebesar Rp 107 triliun. Sebagian akan dimanfaatkan untuk gedung kantor dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas OJK dalam menjaga kestabilan sistem keuangan," ujar dia di kawasan SCBD, Jakarta, Selasa (2/4/2019).
 
Menurut Sri Mulyani, dengan mengusung konsep gedung ramah lingkungan, pembangunan gedung Indonesia Financial Center ini akan menjadi contoh bagi pembangunan gedung-gedung yang ramah lingkungan.
 
"Dengan pemanfaatan aset dengan pembangunan gedung akan ini jadi platinum green building, kita jadi contoh dibangunnya gedung ramah lingkungan.‎ Kami akan terus dampingi pembangunan gedung ini dengan tata kelola sesuai UU Keuangan Negara," kata dia.
 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan Sri Mulyani

Sri Mulyani berharap, dengan menempati gedung sendiri, mampu meningkatkan kinerja OJK dalam mengawasi sektor jasa keuangan di Indonesia. Sebab sejak pertama dibentuk hingga saat ini, OJK masih menempati gedung instansi lain seperti di Kemenkeu dan Bank Indonesia (BI).‎
 
"OJK selama ini masih belum miliki gedung sendiri. Sebagai institusi yang benihnya dari Kemenkeu dan BI, karena masih balita jadi belum miliki gedung. ‎OJK masih berkantor di tiga gedung yang berbeda. Tetapi dengan adanya gedung ini ‎diharapkan kinerja dan fungsi yang dilaksanakan OJK menjadi lebih baik. Ini juga merupakan wahana untuk perkuat sinergi diantara lembaga-lembaga SSK dalam menjaga stabilitas keuangan," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati
    Sri Mulyani Indrawati kini menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Kerja.

    Sri Mulyani

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK