Jokowi: Uji Coba Pertama LRT Jabodebek Jalur Cibubur-Cawang Juli 2019

Oleh Bawono Yadika pada 02 Apr 2019, 11:35 WIB
Diperbarui 02 Apr 2019, 11:35 WIB
Presiden Jokowi telah melakukan uji coba LRT Sumatera Selatan dari Stasiun Bumi Sriwijaya menuju Stasiun Jakabaring, Palembang. (Foto: Humas Kemenhub)
Perbesar
Presiden Jokowi telah melakukan uji coba LRT Sumatera Selatan dari Stasiun Bumi Sriwijaya menuju Stasiun Jakabaring, Palembang. (Foto: Humas Kemenhub)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, uji coba pertama jalur Cibubur - Cawang LRT Jabodebek dapat dilakukan pada Juli 2019. Ini dia ungkapkan melalui akun instagram resminya @jokowi pada Selasa (2/4/2019).

Jokowi awalnya menggambarkan tentang bentangan beton nan panjang LRT Jabodebek, yang melintang di atas Jalan Tol JORR dan bersilangan dengan Jalan Tol Jagorawi di Jakarta.

"Di atas bentangan inilah nanti Kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek dari Cibubur ke Cawang, Jakarta, akan melintas pergi dan pulang sejauh 14,89 kilometer," ujar Jokowi.

Dia menuturkan adalah BUMN PT Adhi Karya (Persero) Tbk, yang mengerjakan proyek ini, telah merampungkan pembangunan jembatan bentang panjang (longspan) JORR 90 meter.

"Yang terpanjang di dunia dengan tipe U-Box Girder — di lintasan LRT Cawang-Kuningan-Dukuh Atas," tambah dia.

Dia menjelaskan, LRT Jabodebek sepanjang 44 kilometer dibangun sejak 2015, berada pada tiga lintasan yakni Cawang-Cibubur, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur.

Jokowi mengatakan jika LRT Jabodebek ini akan melengkapi jaringan angkutan transportasi massal di ibu kota dan sekitarnya seperti MRT Jakarta, LRT Jakarta dan Trans Jakarta.

"Insya Allah pada Juli 2019 uji coba pertama jalur Cibubur - Cawang LRT Jabodebek sudah dapat dimulai," pungkas dia.

2 dari 2 halaman

Adhi Karya Targetkan Pembebasan Lahan Depo LRT Selesai April

PT Adhi Karya Tbk (ADHI) kini tengah bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk mempercepat pembebasan lahan di Bekasi Timur yang akan digunakan sebagai depo LRT

Direktur Utama PT Adhi Karya Tbk, Budi Harto mengatakan, setidaknya butuh 10 hektar (ha) lahan untuk pembangunan depo ini. Ditargetkan proses pembebasan lahan ini akan selesai pada April 2019.

"Kira-kira sekarang yang sudah bebas itu 5 hektar yang lahan kita, dan 3 hektar yang pemukiman itu juga sudah, sisanya masih dalam proses. Akhir April selesai," ucap dia di Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Pihaknya saat ini tengah dikejar oleh waktu mengingat proyek yang awalnya akan selesai pada alkhir 2019 ini terpaksa mundur hingga 2021. Kendala utamanya adalah pembebasan lahan yang ada di Bekasi tersebut.

Di sisi lain, pada Juli 2019 direncanakan untuk lintas 1 Cibubur-Cawang juga akan rampung. Bahkan direncanakan pada bulan yang sama,dilakukan uji coba menggunakan kereta LRT yang saat ini masih di PT INKA (Persero), Madiun.

"Juli untuk lintas Cibubur-Cawang rencana akan mulai uji coba bertahap," tegasnya.

Hingga saat ini, kemajuan pekerjaan LRT Jabodebek per 22 Maret 2019, secara keseluruhan rata-rata mencapai 59,64 persen dengan rincian progres untuk lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur sebesar 79,69 persen, lintas pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas sebesar 47,95 persen dan lintas pelayanan 3 Cawang-Bekasi Timur sebesar 53,84 persen.

 

Lanjutkan Membaca ↓