Dapat 2 Tawaran Kerja Sekaligus? Ini Cara Memilihnya

Oleh Fitriana Monica Sari pada 04 Apr 2019, 08:41 WIB
Siapkan 6 hal sederhana berikut ini sebelum wawancara kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Mendengar mendapat panggilan kerja dari perusahaan setelah menunggu kabar berhari-hari bahkan berminggu-minggu memang menggembirakan. Bayangan bisa segera melakukan wawancara dan diterima kerja pun membuat diri makin bersemangat.

Tapi bagaimana jika mendapat tawaran kerja dari dua perusahaan sekaligus? Rasa gundah gulana pun bisa saja melanda karena bimbang harus pilih yang mana.

Mau bagaimana pun Anda tetap harus memilih satu dari dua penawaran tersebut, bukan? Anda hanya perlu membandingkan di antara kedua perusahaan tersebut, mana yang lebih menarik dan tentunya menguntungkan untuk meniti karier di sana.

Tak perlu galau, berikut cara membandingkan dua tawaran kerja dari perusahaan yang berbeda, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Bandingkan Fasilitas yang Diberikan Perusahaan

Setiap perusahaan pasti memberikan sejumlah fasilitas kepada karyawannya, seperti asuransi, uang transportasi, bonus, dan sebagainya. Akan tetapi, setiap perusahaan punya kebijakan dan jenis fasilitas yang berbeda satu sama lain, termasuk besarnya fasilitas yang diberikan.

Nah, Anda bisa melakukan perbandingan fasilitas terhadap karyawan yang diberikan tersebut. Pilih yang sekiranya dapat mengakomodir kebutuhan Anda, seperti fasilitas uang transportasi, asuransi kesehatan, jaminan hari tua, hingga fasilitas penunjang kerja, seperti laptop atau ponsel.

Jika merasa perusahaan memberikan fasilitas seperti yang Anda butuhkan, maka jangan ragu untuk memilih perusahaan tersebut.

2 of 3

2. Bandingkan Bagaimana Lokasi Kantor dan Transportasi untuk Menjangkaunya

Ilustrasi Kantor Hong Kong
10 Kota Penyewaan Kantor untuk Bisnis Kecil Termahal di Dunia

Lokasi dan kemudahan akses menuju kantor juga menjadi poin penting saat Anda membandingkan dua kantor atau lebih yang menawarkan pekerjaan. Usahakan untuk memilih kantor yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah Anda.

Kondisi jalanan, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta yang macet tentunya akan sangat tidak efektif jika jarak kantor dan rumah terpaut cukup jauh.

Faktor lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah konektivitas sarana transportasi umum dari rumah ke kantor dan sebaliknya, jika Anda adalah pengguna transportasi umum.

Pastikan akses transportasi umum mudah dan banyak, sehingga nantinya saat sudah bekerja, Anda tidak terlalu banyak membuang waktu di jalanan karena sering berpindah-pindah sarana transportasi.

3. Cari Tahu Bagaimana Budaya Perusahaan

Jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda bisa saja jadi percuma jika ternyata kantor tidak memiliki budaya perusahaan yang sesuai dengan Anda. Sebab bagaimana budaya di kantor juga bisa memengaruhi kenyamanan bekerja.

Oleh karena itu, saat membandingkan perusahaan yang hendak Anda tuju, ketahui terlebih dahulu budaya di kantor tersebut, seperti aturan berpakaian, prosedur cuti, dan sebagainya. Anda bisa mendapatkan informasi ini dalam sesi wawancara.

Kalau ternyata Anda cocok dengan budaya kantor tersebut, seharusnya tidak butuh berpikir lama untuk menjatuhkan pilihan pada tawaran kerja dari perusahaan itu.

3 of 3

4. Bagaimana Prospek Pengembangan Karier di Perusahaan Tersebut?

[Bintang] Sukses
Ilustrasi perempuan sukses dengan berbagai proses dialaminya. (Picture: diaiz.co)

Hal lain yang juga perlu menjadi perhatian dalam membandingkan dan menentukan perusahaan mana yang bakal dipilih adalah dengan melihat prospek pengembangan karier yang ditawarkan.

Sebab bekerja berdasarkan passion saja tidaklah cukup. Anda harus bisa mengembangkan karier untuk meningkatkan skill yang dimiliki.

Berikut sejumlah faktor yang harus diperhatikan kala membandingkan perusahaan yang akan dipilih untuk bekerja dan meniti karier:

- Apakah perusahaan membiayai Anda untuk mengikuti seminar, training, maupun konferensi?

- Apakah perusahaan menyediakan jenjang karier yang menjanjikan?

- Apakah perusahaan baru-baru ini melakukan efisiensi alias PHK?

- Apakah bekerja di perusahaan tersebut, Anda akan sering lembur?

- Apakah perusahaan punya reputasi bagus?

- Apakah perusahaan sering mengadakan business trip atau perjalanan dinas, baik ke luar kota maupun ke luar negeri?

- Apakah Anda punya akses langsung untuk berdiskusi dengan atasan, atau ada birokrasi yang menjembatani?

Pilih yang Paling Baik dan Menjanjikan

Dengan beberapa tips di atas, bagi Anda yang kini tengah membandingkan perusahaan yang menawarkan pekerjaan tidak perlu berlama-lama bimbang lagi.

Tapi ingat, jangan terburu-buru dalam menentukan. Pastikan pekerjaan, fasilitas, akses lokasi kantor, dan aspek-aspek lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lanjutkan Membaca ↓