Sukses

Harga Daging Ayam di Pasar Tradisional Turun

Saat ini, harga ayam berukuran besar di kisaran Rp 45 ribu hingga Rp 50 ribu per ekor.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun harga beberapa komoditas sayuran seperti bawang putih, tomat mengalami kenaikan di awal April ini, namun lain halnya dengan harga daging ayam khusunya di pasar Pondok Gede, Bekasi.

Hal ini diakui oleh beberapa pedagang daging ayam di pasar tersebut, salah satunya ibu Mus.

"Harga Ayam turun banget mba," jelas ibu Mus pada Liputan6.com, Senin (1/4/2019).

Sebelumnya ibu Mus bisa menjual daging ayam yang berukuran besar hingga di atas Rp 50 ribu per ekor, namun saat ini ia hanya dapat menjual ayam berukuran tersebut di harga Rp 45 ribu hingga Rp 50 ribu per ekornya.

Ibu Mus juga menjelaskan, bahwa harga ayam hidup juga mengalami penurunan meskipun tidak terlalu besar. Saat ini harga ayam hidup berukuran besar di ibu Mus hanya Rp 19 ribu per kilogram (kg), sementara sebelumnya rp 21 ribu per kg.

Sedangkan, harga ayam hidup yang berukuran kecil saat ini Rp 21 ribu per kg yang sebelumnya mencapai Rp 23 ribu per kg.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penurunan Harga juga Dialami Pedagang Daging Ayam Lainnya

Tidak hanya ibu Mus saja, ternyata penurunan harga daging ayam ini juga dialami oleh pedagang daging ayam lainnya, pak Tardi.

Saat ini harga daging ayam di kedai pak Tardi yang berukuran besar di bandrol seharga Rp 45 ribu per ekor yang sebelumnya dapat dijual hingga Rp 50 ribu per ekor.

Sedangkan harga daging ayam yang berukuran besar saat ini hanya Rp 25 ribu per ekor, dan sebelumnya Rp 27 ribu per ekornya.

Sementara untuk harga ayam hidup yang berukuran besar di kedai pak Tardi saat ini Rp 21 ribu per kg yang sebelumnya Rp 22 ribu per kg. Sedangkan untuk ayam hidup yang berukuran tanggung saat ini Rp 18 ribu per kg, dan sebelumnya mencapai Rp 20 ribu per kg.

Baik ibu Mus, pak Tardi dan pedagang lainnya mengaku meskipun harga daging ayam turun, namun ini tidak membuatnya menjadi mudah untuk dijual.

"Harga daging ayam murah tapi dijualnya juga susah," jelas ibu Mus.

Meskipun daging ayam dan ayam hidup mengalami penurunan harga, namun hal ini tidak merubah harga telur ayam.

Saat ini harga telur ayam di pasar Pondok Gede masih menginjak di angka Rp 24 ribu per kg. Namun kabarnya harga ini akan mengalami kenaikan menjelang bulan puasa Ramadhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini