Awal Bulan, Harga Bawang Merah di Pasar Pondok Gede Turun

Oleh Ayu Lestari Wahyu Puranidhi pada 01 Apr 2019, 11:45 WIB
Diperbarui 01 Apr 2019, 11:45 WIB
20160810-Ditjen-Hortikultura-Kementan-Buka-Kios-Komoditas-Murah-Jakarta-YR

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat menyentuh harga Rp 56 ribu per kilogram (kg), sejak tiga hari ini harga bawang merah sudah mengalami penurunan menjadi Rp 45 ribu per kg di pasar Pondok Gede, Bekasi.

Hal ini diakui oleh salah satu pedagang bumbu yang ada di pasar tersebut, Johan (27).

"Bawang merah sudah turun tiga hari ini, kemarin mahal banget harganya," ujar Johan kepada Liputan6.com, Senin (1/4/2109).

Sementara harga bawang putih di kedai Johan tidak mengalami penurunan atau penaikan tetap disekitar Rp 49 ribu per kg.

Tidak hanya Johan saja, harga bawang merah juga mengalami penurunan sebesar Rp 10 ribu per kg di kedai sayuran Ali. Saat ini harga bawang merah di kedainya sudah berada di angka Rp 44 ribu per kg, yang sebelumnya Rp 55 ribu per kg.

Sementara bawang putih masih berada diharga Rp 50 ribu per kg.

"sudah lama harga bawang putih segini," jelas Ali.

2 dari 3 halaman

Harga Bawang Bombay Juga Tinggi

20151222-Jelang Natal, Harga-harga Kebutuhan Pokok Mulai Merangkak Naik-Jakarta
Seorang pria memanggul bawang bombay di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Selasa (22/12). Jelang Natal dan tahun baru, harga sayur mayur dan beberapa kebutuhan pokok lainnya di beberapa pasar di Jakarta merangkak naik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain harga bawang merah dan putih yang masih tinggi, ternyata harga bawang bombay saat ini juga cukup terbilang mahal sekitar Rp 28 ribu hingga Rp 32 ribu per kg.

Tidak hanya itu saja, ternyata harga tomat juga mengalami kenaikan sudah beberapa hari ini dari tadinya hanya Rp 9 ribu per kg, saat ini menjadi Rp 18 ribu per kg.

"Naik dua kali lipat, sudah 3 hari naiknya ini," ungkap Ali.

Meskipun harga bawang-bawangan masih mahal, namun ini tidak bepengaruh pada komoditas sayuran lainnya seperti cabai merah. Saat ini harga cabai merah dibandrol seharga Rp 26 ribu per kg.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓