Sukses

Janji Jokowi Tambah Anggaran Pertahanan Saat Ekonomi RI Membaik

Jokowi kembali mengakui pernyataan Prabowo jika anggaran pertahanan masih kecil.

Liputan6.com, Jakarta Calon Presiden (Capres) Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan menambah anggaran pertahanan nasional, yang saat ini diakui masih kurang. Namun hal ini baru bisa dilakukan apabila perekonomian Indonesia membaik.

Ini Jokowi sampaikan saat Debat Calon Presiden (Capres) di Jakarta, Sabtu malam (30/3/2019).

"Mengenai anggaran pertahanan, memang kita sekarang ini baru memberikan prioritas pada pembangunan infrastruktur. Namun pada satu saat apabila perekonomian semakin baik dan ekonomi dunia normal, kita akan akan bisa memberikan anggaran lebih baik kepada TNI dalam rangka membangun alutsista ke depan yang lebih baik," tegas Jokowi.

Jokowi kembali mengakui pernyataan Prabowo jika anggaran pertahanan masih kecil. Namun dia mengaku telah mendapatkan informasi dari intelijen jika dalam 20 tahun ke depan, tidak akan ada negara yang invasi ke Indonesia.

Hal yang justru diwaspadai, kata dia, justru adalah ancaman dari dalam negeri yang dinilai juga berbahaya.

"Hal yang juga perlu dicermati keamanan berkaitan dengan konflik. Jangan diangap remeh karena ini bisa membesar karena perang teknologi dan elektronik bisa membuat ancaman yang menusuk ke dalam," tegas dia.

Dia juga menyebut jika tantangan ke depan terkait dengan sumber daya manusia (SDM) aparat TNI yang juga perlu ditingkatkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.