Pemerintah Uji Jalan Penerapan B30 di Mei 2019

Oleh Liputan6.com pada 28 Mar 2019, 20:23 WIB
(Foto:Liputan6.com/Ilyas I)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan melakukan uji jalan atau road test Biodiesel 30 persen atau B30 pada Mei mendatang. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih menghitung panjang jalan yang nantinya akan dijadikan bahan uji.

"Mungkin sekitar Mei atau Juni gitu road test dulu," ujar Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, F.X. Sutijastoto di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Sutijastoto belum dapat memastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk uji jalan. Hal ini, katanya, akan sangat tergantung dengan panjang jalan yang nantinya akan disepakati oleh pemerintah.

"Tergantung berapa kilometernya itu. Ini sedang proses evaluasi, mau berapa kilometer, gimana. Administrasi dari BPDKS (Badan Pengelola Dana Kelapa Sawit). (Ada masalah?) Bukan, lagi dievaluasi, persiapan," jelasnya.

Sujiastoto menambahkan, rencana uji jalan ini masih akan dirapatkan kembali. Keputusan pastinya nanti akan disampaikan oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution. (Gongnya siapa yang menentukan?) Ya, biasa di sini. Dirapatkan di sini juga. Kita usulkan dulu yang penting B20 jalan dulu," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com