Sukses

Semburkan Abu Vulkanik, Bromo Masih Aman Dikunjungi

Zona bahaya Gunung Bromo berada di 1 kilometer dari kawah, sehingga di luar jarak itu gunung tersebut masih aman.

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, Gunung Bromo masih aman untuk dikunjungi, meski sedang mengalami erupsi.

Kepala PVMBG Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kasbani mengatakan, aktivitas vulkanis Gunung Bromo masih berada di level II waspada, meski sedang mengalami erupsi pada beberapa hari belakangan ini.

‎"Bromo sejauh ini aktivitas vulkanik situasinya di level dua," kata Kasbani, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (25/3/2019).

Zona bahaya Gunung Bromo berada di 1 kilometer dari kawah, sehingga di luar jarak itu gunung tersebut masih aman di kunjungi, meski sedang mengeluarkan abu vulkanik.

"Bahayanya 1 km, di luar itu aman saja bermain‎ di Bromo, masih bisa asal pakai masker karena arah angin berubah-ubah, batas amannya itu dari pura yang ada di dekat situ, lewat dari pura itu tidak boleh," tuturnya.

Kasbani menyatakan, pihaknya akan menaikkan level dan menambah jarak zona bahaya, jika aktivitas Gunung Bromo meningkat dan membahayakan.

"Kalau ada aktivitas membahayakan kita naikan. Kalau ancaman sudah mulai meluas kita akan naikkan," jelasnya.

Status setiap gunung api dengan zona bahaya berbeda, dia mencontohkan seperti Gunung Merapi yang juga statusnya level II tetapi Zona bahayanya 3 km dari kawah. Hal ini tergantung dari tingkat karakteristik letusan gunung.

"Setiap gunung berbeda karakterisitiknya, makanya zona berbahayanya berbeda-beda. Gunung Merapi 3km, itu ancaman membahayakan jiwa terkait guguran lava, krikil batu pijar dan awan panas," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral, Video Turis Paksa Masuk ke Gunung Bromo yang Sedang Erupsi

Keindahan gunung Bromo tentunya menarik perhatian banyak turis asing. Nampaknya hal tersebut tak mengurungkan niat para turis untuk tetap mengunjunginya meski gunung Bromo sedang erupsi. Bahkan ada seorang turis yang tetap nekat untuk mendekati kawah gunung tersebut. 

Hal ini yang baru saja dilakukan oleh seorang turis asal Jerman yang sedang menjadi sorotan publik. Turis tersebut bahkan sempat beradu argumen dan mendorong petugas.

Aksinya ini sempat diabadikan dalam sebuah video berdurasi 21 detik. Pada video tersebut terlihat sang turis dan petugas awalnya beradu argumen. Petugas melarang sang turis untuk mendekati kawah gunung Bromo.

"There is no sign (Tak ada papan tanda dilarang masuk)," ucap si turis tersebut.

Petugas sempat memberikan secarik kertas namun nampaknya turis tersebut tak memahaminya. Lantaran tulisan dalam kertas tersebut tidak ditulis dalam bahasa Inggris sehingga tidak dipahami si turis.

"I can't read this, it's not English," ujarnya ke petugas.

Tak terima dicegah petugas, turis tersebut justru membanting petugas yang ingin menyelamatkan nyawanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.