10 Universitas Termahal di Dunia, Mana Saja?

Oleh Ayu Lestari Wahyu Puranidhi pada 27 Mar 2019, 07:20 WIB
Diperbarui 29 Mar 2019, 05:13 WIB
4 Cara Jitu Raih Beasiswa di Universitas Ternama

Liputan6.com, Jakarta - Pendidikan yang mahal dan berkualitas biasanya akan begitu mempengaruhi kualitas dan pengetahuan yang dimiliki oleh para pelajarnya.

Tidak hanya itu, setelah lulus dari universitas mahal dan ternama juga akan membuat mereka dapat diterima dengan mudah di dunia kerja.

Untuk itu, tidak heran banyak orangtua yang rela mengeluarkan begitu banyak uangnya hanya untuk bisa menyekolahkan sang anak disekolah terbaik.

Jika berminat berkuliah di universitas termahal ini, mulailah menabung dari sekarang. Sebab untuk bisa berkuliah di sini, Anda harus rela mengeluarkan uang lebih dari ratusan juta per tahunnya.

Ada begitu banyak universitas ternama dengan biaya perkuliahan begitu mahal, mau tahu apa saja? Dilansir dari laman Luxatic, berikut 10 universitas termahal di dunia:

 

 

2 dari 11 halaman

10. Nanyang Technological Univesity - USD 5.791 atau Rp 82,3 Juta

Nanyang Technological Univesity
Universitas termahal di dunia

Berada di kota termahal di dunia, terntunya tidak heran mengapa universitas ini memiliki kisaran harga yang cukup lumayan mahal. Per tahunnya, biaya pendidikan untuk jenjang sarjana di Nanyang Technological University mulai dari USD 5.791 atau Rp 82,3 juta hingga USD 53,9 ribu atau Rp 767,9 juta (Kurs USD 1 = Rp 14.225).

Universitas ini tiap tahunnya menyambut lebih dari 33 ribu mahasiswa. Universitas ini berdiri di lahan seluas 200 hektare, dan membuatnya menjadi salah satu universitas terbesar di dunia.

3 dari 11 halaman

9. Bond University - USD 8.000 atau Rp 113,8 Juta

Bond University
Salah satu universitas termahal di dunia

Bond University, universitas swasta pertama di Australia yang didirikan sejak 1989. Universitas ini memiliki biaya pendidikan untuk jenjang sarjana mulai dari USD 8.000 atau Rp 113,8 juta hingga USD 31 ribu atau Rp 440,9 juta.

Universitas ini memiliki program penyelesaian gelar sarjana hanya dalam waktu dua tahun, dan inilah yang membuat universitas ini menjadi incaran banyak orang dari seluruh dunia.

4 dari 11 halaman

8. Toronto University - USD 20 Ribu atau Rp 284,5 Juta

Toronto University
Salah satu universitas termahal di dunia

Toronto University salah satu universitas terbaik yang ada di Kanada. Universitas ini juga menjadi pusat penelitian swasta yang cukup terkenal di bidang medis. Ternyata, universitas ini juga termasuk salah satu lembaga pendidikan tertua di Amerika Utara. Program sarjana di universitas ini menelan biaya hingga Rp 284,5 juta.

5 dari 11 halaman

7. University of Melbourne - USD 20.431 atau Rp 290,6 Juta

University of Melbourne
Salah satu universitas termahal di dunia

Sama halnya dengan Singapura, Australia pun juga termasuk dalah salah satu negara termahal di dunia. Tentunya tidak heran jika universitas bergengsi disana memiliki biaya pendidikan yang cukup mahal.

University of Melbourne salah satunya. Universitas ini juga menjadi universitas tertua kedua di Australia, dengan memiliki 11 unit akademik terpisah.

6 dari 11 halaman

6. Regent’s University London - USD 22,3 Ribu atau Rp 318,1 Juta

Regent’s University London
Salah satu universitas termahal di dunia

Universitas ini menjadi universitas swasta kedua di Inggris. Regent's University menawarkan program yang begitu luas terhadap perfilman, seni, dan humaniora bahkan bisnis serta manajemen. Biaya untuk program sarjana di universitas ini berkisar USD 22,3 ribu atau Rp 318,1 juta.

7 dari 11 halaman

5. Queen's University - USD 27,102 atau Rp 385,5 Juta

Queen's University
Salah satu universitas termahal di dunia

Kanada menjadi tempat yang ideal untuk menyelesaikan studi pendidikan tinggi dan Queen's University di Kingston menjadi salah satu universitas yang patut dipilih. Pasalnya universitas ini terkenal selalu aktif mendukung mahasiswanya untuk semangat dalam mendapatkan inovasi.

Tidak hanya itu saja, universitas ini juga memiliki program magang dan studi lapangan, serta beberapa kegiatan sosial yang dapat dilakukan oleh mahasiswanya.

8 dari 11 halaman

4. Oxford university - USD 42,100 atau Rp 598,8 Juta

University of Oxford, perguruan tinggi tertua Inggris
University of Oxford, perguruan tinggi tertua Inggris

Siapa yang tidak tahu akan universitas ini? Oxford University, universitas tertua di dunia dan selalu dianggap menjadi perwujudan yang sempurna dalam dunia pendidikan. Oxford telah berkembang dengan pesat mengikuti kebutuhan masyarakat modern dengan menyediakan pendidikan di berbagai bidang.

Biaya pendidikan untuk menyelesaikan bidang sarjana di kampus ini menelan biaya mencapai Rp 598,8 juta. Tidak hanya itu saja, teryata biaya hidup di lingkungan Oxford juga tinggi, dan inilah yang menjadikan universitas ini menjadi salah satu universitas termahal di dunia.

9 dari 11 halaman

3. Harvey Mudd - USD 56 Ribu atau Rp 809 Juta

Harvey Mudd
Salah satu universitas termahal di dunia

Universitas yang terletak di California ini menjadi salah satu perguran tinggi incaran mahasiswa di seluruh dunia. Biaya yang dikeluarkan untuk program sarjana di perguruan tinggi ini mencapai Rp 809 juta.

10 dari 11 halaman

2. University of Chicago - USD 57 Ribu atau Rp 810 Juta

University of Chicago
University of Chicago

University of Chicago ini memegang sepuluh posisi teratas baik dari nasional dan internasional. Biaya yang dikeluarkan untuk program sarjana di universitas ini mencapai Rp 810 juta. Terdapat banyak jurusan di universitas ini antara lain, kedokteran, hukum, politik, teknik molekuler, fisika, ekonomi, dan masih ada beberapa banyak jurusan lainnya.

 

11 dari 11 halaman

1. Columbia University - USD 59 Ribu atau Rp 845,3 Juta

Earl Hall, Columbia University
Earl Hall, Columbia University (Wikipedia/Creative Commons)

Universitas yang berlokasi di Upper Manhattan, New York, Columbia University ini telah terkenal sebagai salah satu universitas terbaik di dunia dan lembaga pendidikan tertua di New York. Biaya program sarjana di universitas ini mencapai Rp 845,3 juta.

Lanjutkan Membaca ↓