Sukses

H-1, 940 Ribu Orang Daftar Lowongan Kerja BUMN

Masih ada satu hari sebelum penutupan lowongan kerja BUMN.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang penutupan lowongan kerja BUMN pada Minggu 24 Maret 2019, tercatat 940 ribu orang telah ikut proses pendaftaran dan ikut tes pertama secara online. Peserta pun masih bisa terus mendaftar hingga besok.

"Peminatnya sekarang 940 ribu," ucap ujar Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Herdy Harman kepada Liputan6.com, Sabtu (23/3/2019).

Sebelumnya, Herdy menyebut rata-rata pelamar mencapai 50 ribu orang per hari. Sehingga, ada kemungkinan pendaftar menyentuh angka 1 juta orang.

Peminat yang banyak ini membuat BUMN sempat menunda penutupan hingga menjadi Minggu, 24 Maret 2019. Usai pendaftaran ditutup besok pada pukul 00:00, peserta dapat menunggu menerima penguguman pada tanggal 19 April 2019 mendatang.

Herdy juga memastikan, semua agenda tidak akan molor. Salah satu pengumuman adalah lewat e-mail masing-masing peserta, meski Herdy tak menutup kemungkinan ada cara pengumuman lain.

Nantinya, mereka akan memperebutkan 11 ribu lowongan yang dibuka oleh 110 perusahaan BUMN. Herdy memprediksi BUMN-BUMN besar akan paling banyak peminat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tes Online 11.000 Lowongan Kerja BUMN Dipastikan Aman dari Gangguan

Melihat tingginya antusiasme masyarakat, pendaftaran Program Perekrutan Bersama BUMN (PPBB) diperpanjang dari awalnya sampai Minggu (17/1/2019) menjadi sampai Minggu 24 Maret 2019.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Forum Human Capital Indonesia, Herdy Rosadi Harman kepada Liputan6.com.

Program ini membuka peluang karier pada 110 perusahaan BUMN dan membuka sebanyak 11 ribu posisi lowongan kerja. Hingga saat ini, para pelamar mencapai lebih dari 700 ribu orang.

Adapun tahapan tes yang akan dilalui ada 3 tahapan yaitu, Seleksi administrasi dan TKD (Tes Kemampuan Dasar & BUMN Values) yang harus dilaksanakan oleh semua peserta, TKB (Tes Kemampuan Bidang) yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing BUMN.

Untuk memulai keseluruhan tes tersebut, para pelamar harus melewati TKD dan tes kemampuan Dasar serta BUMN values.

Terkait tes berlangsung secara online, dan diminati banyak pendaftar, memunculkan kekhawatiran dan keraguan bagi para pelamar akan mengalami gangguan saat sedang mengerjakan tes.

Terkait ini, Herdy memastikan jika sejauh ini, tahapan tes pertama masih berlansung aman. Kalaupun nantinya terjadi gangguan, pihaknya akan membantu. “Test Online tahap pertama BUMN values, terus berlangsung, so far aman,” jelasnya.

“Namun bagi yang terkena kendala teknis , kita pasti bantu,” ujar dia.

Selain itu, Herdy pun menghimbau agar para calon pelamar Program Perekrutan Bersama BUMN untuk selalu menjaga kondisi kesehatan agar dapat mengikuti segala tes tahapan yang ada.  

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.