Sukses

Bisnis Modal Kecil Untung Besar yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Ada banyak ide bisnis rumahan yang bisa dilakukan dan mendapat untung besar. Berikut uraiannya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika punya keinginan untuk membangun sebuah bisnis, biasanya modal menjadi hal yang sangat penting.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa kita membutuhkan modal yang besar agar usaha bisa berjalan dengan baik. Agaknya anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Membangun sebuah bisnis rumahan, tidak selalu membutuhkan modal yang besar kok.

Hal paling penting sebelum memulai bisnis, yaitu Anda harus menguasai pengetahuan tentang perencanaan bisnis yang matang, keinginan dan keyakinan kuat, serta sikap pantang menyerah.

Sekarang memiliki bisnis rumahan bukan lagi hal yang sulit untuk diwujudkan. Banyak sekali contoh usaha modal kecil untung besar yang bisa Anda lakukan di rumah.

Jangan khawatir jika Anda akan kekurangan modal, karena bisnis rumahan tidak perlu memerlukan modal yang besar, kok! Bisnis rumahan merupakan usaha kecil yang menjanjikan untuk Anda mendapatkan untung besar.

Kira-kira apa saja bisnis modal kecil untung besar yang bisa dilakukan di rumah? Nah, berikut informasinya untuk Anda, seperti dikutip dari TunaiKita:

Bisnis Modal Kecil Untung Besar untuk Anda

Semua orang pasti ingin mempunyai usaha sendiri, namun kebanyakan orang takut untuk memulainya karena yang namanya menjalankan sebuah bisnis, sudah pasti butuh modal.

Memang, setiap usaha memerlukan modal, tetapi tidak semua bisnis membutuhkan modal yang besar, lo.

1. Menjual menu sarapan

Banyaknya orang yang memiliki rutinitas pagi yang cukup padat, sehingga mengharuskan mereka berangkat ke kantor lebih awal agar tidak terlambat. Hal itu membuat mereka tidak punya waktu untuk menyiapkan sarapan, baik untuk diri sendiri maupun keluarga.

Nah, ini bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha yang sangat potensial. Anda bisa menawarkan menu sarapan, seperti bubur ayam, nasi uduk, lontong sayur, serta aneka gorengan dan kue basah.

Bahan-bahan yang diperlukan cukup terjangkau, sehingga tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Anda juga tidak perlu menyewa kedai atau rumah makan, cukup berjualan di depan rumah dan bermodalkan meja dan kursi saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Bisnis online

Beberapa tahun belakangan ini bisnis online menjadi salah satu bisnis yang sangat booming. Pasalnya, menjalankan bisnis online tidak perlu modal yang besar.

Selain itu, bisnis ini pun sangat mudah untuk dilakukan, Anda bisa menjalankan bisnis online dimana saja. Yang dibutuhkan hanya device dan internet saja.

Ada banyak jenis bisnis online yang bisa Anda lakukan di rumah, yaitu bisnis dropshipping, menjadi blogger atau publisher, membuat toko online, bisnis afiliasi dan masih banyak lagi.

Bisnis online yang kebanyakan dilakukan masyarakat Indonesia biasanya melakukan sistem dropship. Ini sangat mudah dilakukan, karena Anda hanya perlu memasarkan produk dari penjual dan meneruskan pemesanan dan pembayaran dari pembeli ke penjual.

Meski tampak mudah, bisnis ini tidak bisa disepelekan. Sebagai dropshipper Anda harus memahami spesifikasi barang yang dijual, serta memilih supplier terpercaya. Karena, kualitas produk dan pelayanan supplier berdampak pada reputasi online shop Anda.

3. Jual pulsa elektrik

Siapa yang tidak menggunakan handphone, hampir semua orang memiliki smartphone dan sebagian besar penduduk Indonesia menggunakan kartu prabayar.

Nah, ini juga merupakan bisnis modal kecil untung besar yang bisa Anda lakukan. Selain tanpa modal yang besar, bisnis ini pun punya waktu yang fleksibel dan sangat mudah untuk dilakukan.

Anda hanya perlu mendaftar ke provider pulsa elektronik, kemudian melakukan deposit dari modal awal. Setelah itu Anda sudah bisa menjual pulsa elektronik dengan harga yang bisa memberikan keuntungan.

3 dari 5 halaman

4. Bisnis fesyen

Industri fesyen memang tidak ada matinya, bisnis fesyen bisa dibilang sebagai bisnis yang sangat potensial setelah bisnis makanan.

Perkembangan dunia fesyen saat ini mengalami perkembangan yang pesat, dan mungkin akan terus terjadi di masa-masa yang akan datang.

Beragam jenis fesyen memiliki pasarnya masing-masing. Mulai dari fesyen anak, fesyen untuk orang dewasa, busana muslim, dan lain-lain.

Bisnis fesyen ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, cukup datang ke supplier baju terpercaya dengan modal Rp 3,5 juta Anda sudah bisa mulai berbisnis.

5. Bisnis aneka minuman

Selain usaha makanan, usaha minuman juga menarik untuk dicoba. Buatlah kreasi minuman yang Anda ciptakan. Misalnya, dengan menjual aneka campuran kopi kekinian, aneka minuman dengan coklat, bahkan jamu kekinian. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Dengan modal Rp 1 juta saja, sudah bisa berbisnis minuman teh Thailand.

4 dari 5 halaman

Tips Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Menjalankan suatu bisnis memang tidak semudah yang kita rencanakan. Terlebih lagi dengan modal yang tidak besar, kita harus cermat dalam mengatur uang tersebut.

Untuk itu, berikut tips untuk Anda yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil.

1. Pintar mengelola uang

Dalam berbisnis, kekhawatiran soal uang terkadang dialami, terlebih pada bisnis modal kecil. Oleh karena itu, kemampuan mengelola uang harus dikuasai.

Meski Anda mengawali usaha secara kecil-kecilan, pastikan tetap luangkan waktu untuk mengatur dan mengevaluasi arus kas bisnis. Sebaiknya, hindari mencampur uang pribadi dan uang usaha dan pastikan strategi yang Anda pilih tepat untuk dijalani.

2. Fokus

Kunci sukses berbisnis untuk pemula adalah fokus. Dalam menekuni bisnis yang Anda pilih, sangat diperlukan untuk mencurahkan tenaga dan pikiran pada bisnis tersebut. Untuk itu, Anda harus fokus dalam menjalankan bisnis yang akan Anda mulai.

5 dari 5 halaman

3. Tidak berhenti berinovasi dan tahu trend

Untuk terus mengikuti keinginan pasar, Anda dituntut untuk terus berinovasi. Karena sangat penting melakukan pembaruan produk agar pelanggan tidak beralih ke yang lain.

Oleh sebab itu, sebagai pengusaha Anda harus mengetahui trend yang ada. Tapi, ini bukan berarti harus selalu terbawa trend, melainkan melakukan inovasi agar tidak ketinggalan zaman dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

4. Jangan larut dalam kegagalan

Dalam berbisnis, modal bukanlah satu-satunya hal yang diperlukan. Tapi juga mindset dan mental sebagai pengusaha juga penting Anda miliki. Salah satunya adalah tidak mudah menyerah dan pantang larut dalam kegagalan.

Jika Anda larut dalam kegagalan, energi yang Anda punya akan terkuras untuk hal-hal negatif. Sehingga sulit untuk bangkit kembali. Untuk itu, yang ingin memulai bisnis tetap berusaha dan pantang menyerah, ya!

Nah, semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk memulai sebuah bisnis agar mempunyai gambaran ide usaha apa yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini