Sukses

5 Tipe Pejuang Pencari Kerja, Anda Termasuk yang Mana?

Ada beberapa jenis pejuang pencari kerja yang ada di sekitar kita. Kira-kira Anda termasuk yang mana?

Liputan6.com, Jakarta - Mendapat gelar pertama dalam hidup membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Anda mengorbankan waktu untuk begadang setiap harinya untuk mengerjakan tugas, menghabiskan uang untuk skripsi, dan lain sebagainya. Namun, semua itu rasanya terbayarkan ketika Anda dinyatakan lulus dengan hasil yang memuaskan.

Mencari kerja pun tidak semudah membalikan tangan, Anda harus bersaing dengan banyak kandidat. Tidak hanya fresh graduate saja, Anda juga harus bersaing dengan kandidat yang sudah berpengalaman.

Memang status fresh graduate belum memiliki pengalaman kerja apapun, selain magang. Untuk itu, Anda harus melakukan suatu hal lebih dari orang biasa lakukan. Nah, berikut ulasan mengenai jenis pejuang pencari kerja, seperti dikutip dari TunaiKita!

Jenis Pejuang Pencari Kerja yang Bisa Kamu Contoh

Banyaknya yang harus dipersiapkan, serta jalan yang harus dilalui juga tak kalah serunya. Begitu pun semua yang dikorbankan, akan semakin membuat kita tahu bahwa menjalani sesuatu yang sudah lama kita mau sungguh tidak mudah. Itu sebabnya, ada banyak jenis pejuang pencari kerja di sekitar kita.

Kira-kira seperti apa mereka dalam berjuang mendapatkan pekerjaan?

1. Tim Gercep

Jenis pejuang pencari kerja yang pertama yaitu tim gercep, Anda tidak perlu menunggu wisuda. Yang penting sudah dinyatakan lulus langsung cepat cari kerja. Tidak perlu menunggu ijazah keluar. Beberapa perusahaan lebih mengutamakan skill, ketimbang nilai yang kamu dapatkan selama kuliah.

Hal ini yang menjadi salah satu alasan sekaligus penyemangat Anda. Tentu saja hanya bagi mereka yang siap dengan modal skill yang selama ini sudah dimiliki.

Jika hanya bermodalkan ingin, tapi kerja apa saja belum tahu, maka sebaiknya Anda bersabar dulu. Mereka yang gercep tentu sudah punya modal, tidak hanya modal nekat tentunya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tim Santai tapi Pasti

Hal pertama yang disiapkan pertama kali untuk mencari pekerjaan yaitu dengan membuat surat lamaran, CV (Curriculum Vitae), melengkapi berkas, dan kemudian mengirimkannya kepada daftar lowongan pekerjaan yang sudah Anda miliki. Tapi ada juga mereka yang tidak perlu bersusah payah melakukan itu semua.

Jika Anda aktif dalam suatu organisasi atau komunitas itu akan sangat bagus, karena biasanya mereka lebih mudah menyebarkan informasi lowongan pekerjaan. Bahkan tidak jarang mereka yang mengenal Anda akan merekomendasikan atau mengajak untuk bergabung dengan perusahaan tempatnya bekerja.

Tentu terlihat sangat mudah, Anda tidak perlu repot mengirim lamaran sudah pasti akan diterima. Tapi, teman yang akan merekomendasikan juga tidak bisa sembarang. Mereka akan merekomendasikan ketika sudah tahu skill dan pengalaman yang kamu punya. Bukan tanpa keahlian dan tanpa pengalaman sama sekali ya.

3. Tim Fokus pada Passion

Jenis pejuang pencari kerja yang selanjutnya yaitu mereka yang fokus terhadap passion-nya. Bekerja sesuai dengan passion sudah pasti membuat kita bangga dan akan lebih mudah melakukan pekerjaan tersebut. Di sinilah kita akan banyak memperjuangkan pekerjaan yang sesuai dengan passion atau kemampuan kita.

Anda akan berusaha mengumpulkan banyak informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan apa yang diinginkan. Tidak sembarangan tentunya, Anda bahkan tak segan menolak lamaran atau tawaran pekerjaan yang tidak sesuai passion.

Anda berpendapat bahwa, semua yang dikerjakan dari yang Anda sukai tentu akan jauh lebih mudah. Sehingga Anda pun tidak akan takut menunggu kabar baik dari setiap lamaran yang dikirimkan untuk pekerjaan yang diinginkan.

3 dari 4 halaman

4. Tim Coba Semua Peluang

Merasa punya banyak keahlian, melamar di banyak tempat berbeda dengan posisi yang berbeda. Tak sedikit dari Anda yang merasa mampu melakukan banyak hal.

Meski tak ahli dengan satu skill, tapi pengalaman di banyak bidang pekerjaan sudah tidak perlu lagi diragukan lagi. Anda yakini bahwa inilah modal untuk mencari pekerjaan.

Tidak ada salahnya, sebab tujuan masing-masing orang berbeda. Jika ada yang bekerja untuk cari pengalaman, tapi ada juga yang bekerja untuk mencari banyak pendapatan dari kemampuan yang dimiliki. Yang penting bisa percaya diri dan benar-benar bisa menguasai apa yang pernah Anda lakukan.

5. Tim Asal Pernah Mencoba

Melamar pekerjaan memang butuh perjuangan. Sulit, mudah, hingga senang semua akan Anda rasakan. Ada kalanya menunggu lama untuk bisa diterima, tapi tidak jarang ada yang langsung mendapat kabar baik dari setiap lamaran yang dikirimkan.

Bagi jenis pejuang pencari kerja ini mereka tidak akan ambil pusing pada hasil yang didapat. Anda akan tetap merasa puas karena sudah pernah melamar meski belum diterima. Atau pejuang pencari kerja ini mereka ingin mencoba bekerja di posisi lainnya sehingga tidak ragu resign dari pekerjaan saat ini dan kembali berjuang dari nol.

4 dari 4 halaman

Cara ampuh mencari kerja untuk fresh graduate

Nah, untuk Anda para fresh graduate yang sedang berjuang mencari pekerjaan, sebelum Anda memulai mengirim lamaran, berikut cara ampuh mencari kerja untuk Anda.

- Kenali potensi diri

Cari tahu hobi atau kegiatan yang sering Anda lakukan, keahlian apa yang bisa Anda lakukan, karena akan sangat bahagia dan akan menikmatinya jika pekerjaan yang Anda lakukan sesuai minat. Tidak harus yang benar-benar berhubungan dengan mata kuliah yang diambil dulu kok.

Langkah yang harus dilakukan adalah menulis potensi apa saja yang Anda miliki. Jangan langsung menilai bahwa potensi tersebut sangat rendah kualitasnya.

- Buat CV yang sesuai

Sebelum melamar pekerjaan, kenali terlebih dahulu pekerjaan yang akan Anda lamar. Jika ingin melamar di bagian kreatif, tentunya Anda harus membuat dengan desain sekreatif mungkin. Nah, CV kreatif ini alangkah baiknya disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang akan Anda lamar, ya!

Pastikan bahwa CV tersebut menjelaskan dengan detail siapa diri Anda sebenarnya dan apa saja yang sudah Anda kerjakan. Selain itu, usahakan untuk memberikan lampiran yang memang sesuai dengan pekerjaan. Hal ini, untuk menambah nilai jual Anda di mata perusahaan.

- Memilih boleh, tapi jangan terlalu pemilih

Anda bebas memilih di mana ingin bekerja dan bebas menentukan pekerjaan seperti apa yang ingin didapatkan. Tetapi, jangan sampai menutup diri untuk kesempatan yang mungkin lebih besar dari yang Anda tentukan sebelumnya.

Lamarlah beberapa pekerjaan dari beberapa perusahaan. Anda bisa menjadikan lainnya sebagai alternatif cadangan, ketika perusahaan yang diincar menolak. Hal ini juga dimaksudkan untuk menghemat waktu dalam menunggu panggilan pekerjaan.

Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan menginspirasi. Selamat berjuang mencari pekerjaan yang cocok dan jangan patah semangat!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini