Citilink Bakal Tambah Wifi Gratis untuk 8 Pesawat

Oleh Athika Rahma pada 21 Mar 2019, 13:00 WIB
Citilink Terapkan Electronic Flight Bag di Kokpit Pesawat

Liputan6.com, Jakarta - Setelah pemasangan wifi gratis di dalam pesawat mendapat banyak respons positif, Citilink bekerjasama dengan PT Mahata Aero Teknologi berencana memasang wifi baru di 8 pesawat pada 2019.

Citilink akan memiliki sembilan pesawat dengan fitur wifi gratis. Hal ini disampaikan Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo. Juliandra menyatakan pemasangan wifi ini mendapat banyak respons positif.

"Setelah melakukan uji coba di satu pesawat Citilink dari akhir 2018 kemarin, kami mendapatkan banyak respons positif. Jadi kita akan tambah pasang 8 free wifi lagi di 2019 ini," ungkap Juliandra di Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Juliandra menyebutkan, awalnya Citilink berencana memasang free wifi di 19 pesawat. Namun karena, beberapa alasan, pemasangan hanya dapat dilakukan di delapan pesawat saja.

"Pertama, kita menyesuaikan dengan jadwal maintance pesawat, ternyata hanya cukup 8. Kedua, kita masih mau memonitoring baby sickness teknologi wifi ini, agar kelemahannya bisa segera diatasi," tutur dia.

Sementara, Citilink akan memasang teknologi wifi baru di satu pesawat pada April. Rencananya, pesawat tersebut akan melayani rute Jogja, Solo, Surabaya dan Makasar. 

 

2 of 2

Ketepatan Waktu Citilink Indonesia Capai 91,7 Persen pada Awal 2019

Citilink
Citilink (Dok.Instagram/@citilink/https://www.instagram.com/p/BrG250og2HL/Komarudin)

Sebelumnya, maskapai berbiaya hemat (low cost carriers - LCC) Citilink Indonesia berhasil mencatatkan hasil kinerja positif sepanjang tahun 2018 dan di dua bulan awal 2019 dengan rata-rata tingkat keterisian penumpang (Seat Load Factor – SLF) pada setiap penerbangan lebih dari 80 persen.

“Citilink mencapai kinerja yang positif selama tahun 2018, sehingga Citilink Indonesia optimis untuk mencatatkan hasil positif di kuartal pertama ini yang umumnya merupakan kuartal lemah," kata Direktur Utama Citilink Indonesia - Juliandra Nurtjahjo, Selasa 5 Maret 2019.

Citilink Indonesia telah menerbangkan 15 juta penumpang selama tahun 2018 atau naik 22 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 12,3 juta penumpang.

"Citilink Indonesia juga optimistis untuk dapat mencapai target mengangkut 18 juta penumpang hingga akhir tahun 2019," tambah Juliandra.

Citilink Indonesia juga berhasil meningkatkan pertumbuhan volume produksinya sebesar 17 persen pada tahun 2018 jika dibandingkan tahun 2017. Sedangkan untuk market share di banding maskapai domestik Citilink Indonesia mencatatkan market share tertinggi kedua di kelas LCC yaitu sebesar 14,29 persen pada tahun 2018. Jumlah ini meningkat dari tahun 2017 sebesar 12,62 persen.

Menurut data dari Center for Aviation (CAPA), Citilink Indonesia merupakan maskapai LCC terbesar kedua di Indonesia dengan kekuatan armada sebanyak 61 pesawat. Sedangkan untuk tingkat ketepatan waktu penerbangan (On Time Performance - OTP) Citilink Indonesia untuk Januari - Februari 2019 tercatat sebesar 91,7 persen.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓