Sukses

Endeavor Indonesia Ingin Ciptakan Pelaku Usaha Berkualitas

Endeavor Indonesia gencar mencanangkan high impact entrepreneurship pada wirausahawan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena entrepreneurship di kalangan muda yang menjamur membuat banyak start-up berdiri.

Hal ini membuat Endeavor Indonesia gencar mencanangkan high impact entrepreneurship pada wirausahawan Indonesia.

Endeavor Indonesia membantu entrepreneur mengakselerasi pertumbuhan bisnis dan melipatgandakan dampaknya bagi masyarakat.

Harun Hajadi, Chairman Endeavor Indonesia sekaligus Managing Director Ciputra Group menyatakan entrepreneur di Indonesia haruslah memiliki semangat berkontribusi bagi negara.

"Kami berharap, Indonesia tidak hanya memiliki entrepreneur yang menyelesaikan masalah di pasar, tapi juga tumbuh memberikan kontribusi bagi ekonomi lokal dan penciptaan lapangan kerja. Endeavor hadir untuk membantu entrepreneur scale up ke level bisnis yang lebih tinggi," ujar Harun saat memulai diskusi perkembangan kewirausahaan di Gedung Senayan Sentral 3, Rabu (20/3/2019). 

Endeavor Indonesia memilih bisnis yang hendak dikembangkan dengan seleksi yang ketat. Imbasnya, entrepreneur yang telah sukses bergabung dengan Endeavor akan mendapat akses belajar dari mentor bisnis yang sukses dan akses permodalan yang luas.

Hingga saat ini, 43 entrepreneur yang membawahi 35 perusahaan telah bergabung di Endeavor Indonesia, termasuk di antaranya start-up unicorn Bukalapak. Setiap tahun, akan ada 10 hingga 12 entrepreneur baru yang akan bergabung dan belajar di Endeavor.

"Karena seleksi kita ketat dan panjang, jadi setiap tahunnya hanya 10 hingga 12 entrepreneur saja yang bisa bergabung di Endeavor. Tentunya, entrepreneur ini memiliki visi misi bisnis dan sosial yang jelas," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rilis Laporan Produktivitas

Sebelumnya, Endeavor Indonesia rilis laporan produktivitas jaringannya dalam Impact Report 2016-2018 pada Rabu 20 Maret 2019.

Berdasarkan laporan ini, sebanyak 10.100 pekerjaan berkualitas tinggi berhasil diciptakan dari 35 perusahaan yang tergabung dalam Endeavor Indonesia.

Rata-rata, satu perusahaan high impact yang ada di dalam portofolio Endeavor mencetak 300 pekerjaan berkualitas dengan laju penciptaan lapangan kerja lima kali lebih cepat dari perusahaan pada umumnya. Chairman Endeavor Indonesia, Harun Hadi, menyatakan, hal ini merupakan capaian yang membanggakan.

"Entrepreneur yang bergabung dengan Endeavor sudah memiliki mindset untuk bisa berdampak baik bagi masyarakat, contohnya menciptakan lapangan pekerjaan. Kami bangga dengan perusahaan di portofolio Endeavor yang sudah mencetak 10.100 lapangan kerja berkualitas," ujar Harun di Jakarta, Rabu pekan ini.

Beberapa perusahaan yang tergabung dalam Endeavor Indonesia telah memberikan dampak baik untuk lingkungannya.

E-commerce unicorn di Indonesia, Bukalapak sudah memiliki 500 ribu mitra warung dan menjadi marketplace bagi lebih dari 4 juta bisnis untuk memasarkan produknya.

Efishery, start-up shrimp farming sudah bekerja sama dengan Kementerian Perikanan dan Kelautan untuk membantu petani udang mengembangkan bisnisnya. Kata.ai berkembang membantu perusahaan melayani konsumen dengan baik.

Ke depannya, Endeavor Indonesia akan terus mendorong komunitas entrepreneur produktif melalui gerakan high impact entrepreneurship untuk bisa menyokong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.