Sukses

Lapor SPT, Ketua DPR Imbau Wajib Pajak Sadar Kewajibannya

Ketua DPR, Bambang Soesatyo menekankan agar instansi pemerintahan agar mendukung kinerja Ditjen Pajak.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Bambang Soesatyo (Bamsoet) didampingi Wakil Ketua DPR Fadli Zon melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) pajak tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi (WP-OP) di Gedung Nusantara III DPR RI, Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Penyampaian SPT ini pun secara langsung diinisiasi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dengan cara menjemput bola.

Dalam sambutannya, Bamsoet sapaan akrabnya mengatakan, jajaran DPR RI yang rutin melapor SPT menjadi contoh yang baik dan harus ditiru oleh masyarakat wajib pajak.

Pernyataan itu pun tak luput dari tahun politik dengan hampir seluruh jajaran DPR RI mencalonkan kembali untuk mengisi kursi di lembaga parlemen pada Pilpres mendatang.

"Momen kali ini harusnya dipergunakan kita sebagai orang-orang politik untuk bisa dipilih kembali, bahwa kita anggota DPR taat pajak dalam hal aturan," ujar dia di Gedung Nusantara III DPR RI, Jakarta.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dia juga mengapresiasi kinerja DJP Kemenkeu yang berhasil mengumpulkan penerimaan pajak selama dua bulan tahun berjalan yang mencapai sekitar Rp 160 triliunan dari target tahun ini.

Artinya, kepatuhan wajib pajak masyarakat sudah mulai meningkat. Apalagi pajak merupakan tumpuan utama untuk menambah anggaran negara.

"Kita patut memberikan acungan jempol kepada dirjen pajak. Dua bulan ini kami dapat laporan, berhasil ngumpulkan triliunan pajak, hampir Rp 160 triliun dari target Rp 1.500 triliun. Ini suatu rangkaian luar biasa dan patut kita dukung. Karena tulang punggung kita saat ini masih dipenerimaan pajak sehingga selamat," kata dia.

Oleh karena itu, Bamsoet menekankan agar seluruh instansi pemerintahan agar mendukung kinerja Ditjen Pajak dalam mengemban tugasnya.

"Pajak yang jadi harapan kita dari tahun ke tahun harus kita dorong penerimaannya. Dan masih banyak objek pajak yang harus kita sadarkan kewajibannya sebagai warga negara," ujar dia.

Di tempat yang sama, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Kemenkeu, Hestu Yoga Saksama, juga mengapresiasi petinggi-petinggi di DPR RI yang rutin tiap tahunnya melaporkan SPT pajak tahunan.

Dia berharap, apa yang dilakukan para pimpinan DPR ini bakal menjadi contoh bagi seluruh instansi pemerintahan lainnya. "Kami sangat mengapresiasi pimpinan DPR telah memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Dan tertib melaporkan SPT Tahunannya," ungkap Hestu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.