7 Tips Belanja Cerdas ala Capricorn

Oleh Fitriana Monica Sari pada 22 Mar 2019, 09:45 WIB
Diperbarui 24 Mar 2019, 01:13 WIB
20151020-Ilustrasi-Belanja-di-Pusat-Perbelanjaan

Liputan6.com, Jakarta - Orang-orang sudah kenal kalau Capricorn itu tipe ambisius, pekerja keras, dan cerdas. Kecerdikannya sangat menonjol dalam urusan berbelanja.

Meskipun tidak mau repot-repot menawar, tapi tetap untung. Soalnya dari setiap aktivitas belanjanya, ia selalu berhasil menyelesaikan dengan sebaik-baiknya.

Inilah tips belanja ala Capricorn, seperti dikutip oleh Swara Tunaiku!

1. Menggunakan Prinsip 4 W dalam Belanja

Salah satu strategi berbelanja Capricorn adalah dengan menerapkan prinsip 4W, yakni when, what, why, dan who.

Dari strategi tersebut, ia akan mendapatkan jawaban yang pasti tentang alasan kenapa harus beli, siapa yang nantinya pakai barang itu, kapan dipakainya, serta apa saja yang harus dibeli. Prinsip ini nyaris serupa dengan prinsip para jurnalis.

Dalam kegiatan jurnalis, informasi yang dibutuhkan harus mampu menjawab pertanyaan who, when, why, where, what, dan how.

Mengapa lebih banyak daripada prinsip yang dipakai oleh Capricorn? Sebab, dalam kasus belanja Capricorn lebih bersifat teknis dan praktis. Bukan untuk sekadar informasi, melainkan langsung dipraktikkan.

2 of 4

2. Belanja dengan Uang Tunai, Bukan Kartu

banner infografis gaji pns dki
Ilustrasi Gaji

Secara umum, seorang Capricorn itu lebih suka belanja dengan uang tunai daripada kartu kredit.

Kesannya memang repot, ya. Namun, di situlah titik hemat yang hendak ditunjukkan oleh Capricorn.

Dalam pengalaman sehari-hari, Capricorn terbukti bisa lebih menghemat belanja ketika menggunakan uang tunai. Hasrat untuk beli lagi dan lagi jadi teredam.

Titik penting yang selalu menjadi perhatian dari Capricorn adalah ada atau tidaknya urgensi dalam belanja. Titik itu berkaitan erat dengan kebutuhan sehari-hari atau ketika dalam keadaan mendesak. Soalnya kalau sudah pegang kartu kredit yang isinya bisa berpuluh-puluh juta, bawaannya mau belanja terus. Itu yang selalu dihindari oleh Capricorn.

3. Selalu Dapat Harga Terbaik

Dikatakan sebagai harga terbaik itu ketika berhasil mendapatkan barang dengan kualitas lebih tinggi. Bagaimana ia bisa mengoptimalkan daya tawarnya? Pertama-tama, ia singgah dari toko satu ke toko lain. Lalu, dengan telaten, ia pun membandingkan harga untuk tiap-tiap barang yang sama. Dari situ, ia bisa tahu mana barang yang lebih berkualitas dan murah. Selain itu, pertimbangan perihal ongkos kirim, promosi, fluktuasi, dan lainnya juga tidak luput dari perhatian utama.

Dibandingkan dengan zodiak lain, Capricorn bisa dibilang jago dalam hal bernegosiasi. Meskipun ia tidak belajar secara intens, tapi mampu menyesuaikan dengan baik saat terjun di pasar atau toko. Dengan kata lain, sudah bakatnya.

3 of 4

4. Rajin Menulis Daftar Belanjaan

daftar-belanja-130916b.jpg
Tips belanja

Baik Capricorn dari kalangan perempuan maupun pria, kecenderungan dalam berbelanja nyaris sama. Mereka sangat teliti dalam berbelanja dan tidak mau membuang-buang uang yang kiranya di luar kebutuhan. Soalnya, kebanyakan orang saat masuk ke pasar, dorongan tiba-tiba atau sifat impulsifnya selalu mendorong untuk boros dalam belanja.

5. Makan sebelum Belanja

Capricorn selalu percaya bahwa perut yang terisi lebih dulu bisa berpikir dengan lebih jernih ketika berbelanja.

Dengan kata lain, ia tidak terpengaruh lagi oleh godaan di sana-sini. Sebab, setiap keinginan hampir bermula dari perut. Apalagi kalau ternyata untuk mendapatkan barang idaman harus berkeliling dalam waktu lama.

Di mal atau pusat perbelanjaan lainnya itu kan banyak sekali tawaran makanan yang tentu sangat mengundang selera. Kalau perut tidak kuat, bisa tiba-tiba duduk di kedai dan memesan makanan. Akhirnya uang yang harusnya untuk belanja barang lain, jadi terpotong. Capricorn tidak mau hal itu sampai terjadi.

4 of 4

6. Jangan Tanya-tanya Penjual

[Bintang] Usia 20 Beli Rumah
Ilustrasi belanja bulanan | Via: masihmikirinnamanya.blogspot.com

Dibandingkan tanya-tanya ke penjual, Capricorn lebih suka berkeliling untuk lihat-lihat barang idaman. Ya, minimal 30 menit agar lebih mantap lagi saat memilih apa yang dia beli.

Soalnya Capricorn tahu kalau setiap penjual itu punya lebih dari 1001 cara untuk membuat barang-barangnya terbeli oleh kita. Padahal bisa jadi barang itu tidak menjadi kebutuhan kita.

7. Memanfaatkan Voucher

Dengan menggunakan voucher, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk belanja besar-besaran. Itulah yang diterapkan oleh Capricorn. Ia rajin sekali berburu voucher belanja. Baik yang diterbitkan secara online maupun voucher dalam bentuk cetak.

Itulah sekilas mengenai cara belanja ala Capricorn. Untuk menguasai dasar-dasar belanjanya memang butuh latihan yang intens. Namun, bukan berarti mustahil, kan? Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan barang idaman.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by