Sukses

Ratusan Warga Pekanbaru Serbu Pasar Murah Pertamina

Menteri BUMN Rini Soemarno ikut berbelanja dan mencicipi jajanan di lokasi Pasar Rakyat Pertamina.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan warga Kecamatan Lima Puluh, Kota Pekanbaru, menyerbu pasar murah di Terminal Bahan Bakar Minyak PT Pertamina. Dengan membawa uang Rp 10 ribu, warga sudah bisa membawa minyak goreng, sarden, garam dan beras ke rumahnya.

"Ada juga tadi dijual solar nonsubsidi Rp 10 ribu per jeriken, murah pokoknya," kata warga bernama Wati kepada wartawan, Selasa (19/3/2019).

Dia berharap kegiatan serupa rutin diadakan di Pekanbaru karena masyarakat kecil sangat membutuhkan. Ibu rumah tangga berusia 49 tahun ini juga berterimakasih kepada Pertamina yang sudah melaksanakan kegiatan dimaksud.

"Terima kasih BUMN, terima kasih Pertamina, ini terlalu murah harga sembakonya," ucap Wati.

Sementara Menteri BUMN Rini Soemarno yang ikut berbelanja dan mencicipi jajanan di lokasi menyebut kegiatan ini merupakan rangkaian ulang tahun BUMN ke 21 pada April nanti. Hingga Mei nanti bakal digelar kegiatan serupa di berbagai wilayah Indonesia.

Dia menerangkan, target BUMN hingga akhir 2019, sebagaimana keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah Rp 179 triliun. Sementara pada akhir 2018, BUMN telah membukukan keuntungan hingga Rp 188 triliun.

"Karena untung dan bertepatan dengan ulang tahun BUMN, mari berbagi kepada masyarakat, keuntungan sudah bagus," sebut Rini, didampingi Dirut Pertamina Nicke Widyawati.

Rini menegaskan, BUMN dalam usahanya tak hanya mencari keuntungan semata. Tapi juga membangun kemitraan dengan masyarakat untuk memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Seperti yang dilihat tadi, Pertamina membina usaha seperti roti cane dan rendang. Jadi tidak mencari untung saja tapi juga berbagi ke masyarakat," sebut Rini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengabdi ke BUMN

Rini juga mengajak masyarakat Riau untuk mengabdi ke BUMN. Pihak kampus, seperti Universitas Riau, sudah disosialisasikan tentang kinerja BUMN yang selalu membangun negeri untuk kemajuan bangsa.

"Kalau sudah lulus kuliah, kenapa gak melamar di BUMN saja, terutama generasi millenial. Apalagi 70 persen karyawan BUMN millenial," kata Rini.

Pada tahun 2019 ini, BUMN sudah menyiapkan jalur khusus bagi putera daerah untuk menjadi karyawan. Kuota putera daerah akan ditambah sesuai dengan kebutuhan BUMN yang beroperasi di berbagai wilayah di Indonesia.

"Nanti ada penambahan kuota untuk merangkul putera daerah," ucap Rini.

Terpisah, Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usmah menjelaskan, kegiatan ini diharap dapat membantu masyarakat terutama dalam memperoleh kebutuhan pokok sehari-hari.

"Dengan semangat BUMN Hadir Untuk Negeri, Pertamina turut memeriahkan HUT Kementerian BUMN melalui serangkaian kegiatan Corporate Social Responsibility, salah satunya dengan penjualan BBM dan kebutuhan pangan sehari-hari yang harganya terjangkau," kata Fajriyah.

Pantauan di lokasi, pasar rakyat Pertamina ini menyediakan sejumlah bahan pokok berupa beras, minyak goreng, gula pasir, makanan instan, BBM jenis Pertamina Dex, solar non subsidi dan Dexlite. Pertamina juga menampilkan produk unggulan dari sejumlah UMKM mitra binaan Marketing Operation Region I.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.