Sukses

MRT Jakarta Akan Miliki Gerbong Khusus Wanita

Gerbong wanita pada MRT Jakarta akan berada di gerbong 3 dan 4, serta berlaku pada saat jam sibuk.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama dengan anggota OASE Kabinet Kerja yang berisikan istri dari menteri-menteri kabinet kerja melakukan uji coba MRT pada Senin (18/3/2019).

Saat uji coba ini, Menhub memastikan akan ada fasilitas gerbong khusus perempuan pada MRT Jakarta.

Keberadaan gerbong khusus perempuan ini diakui Menhub sempat disinggung Iriana Joko Widodo selama perjalanan. 

"Ya ibu (Iriana Jokowi) tadi bertanya, khususnya berkaitan dengan kereta api, mengenai kecepatan, jumlah penumpang mengenai wanita dikhususkan atau tidak, jam berapa sampai jam berapa beroperasinya. Saya pikir itu adalah pertanyaan yang memang harus disampaikan ke masyarakat," ujar Menhub di Jakarta.

Lebih lanjut, Budi Karya menjelaskan ke depannya gerbong wanita akan berada di gerbong 3 dan 4, serta berlaku pada saat jam sibuk, sehingga penumpang wanita tetap merasa nyaman.

"Gerbong khusus ada dua gerbong di 3 dan 4 untuk wanita dan anak-anak, berlaku pada jam sibuk. Saya pikir kalau desak-desakan kan bahaya," jelas Menhub.

Menhub juga mengucapkan terima kasih kepada Iriana Joko Widodo beserta OASE Kabinet Kerja karena mau menjajal MRT. Hal tersebut sangat bagus untuk sosialisasi MRT kepada masyarakat, karena transportasi publik khususnya MRT sangat butuh sosialisasi.

"Ya saya terima kasih ibu negara dan ibu wapres hadir dan OASE. Ini sebenarnya bagian dari sosialisasi bagi MRT dan bagi transportasi publik itu penting sekali sosialisasi," tutur Menhub.

MRT akan diresmikan pada 24 Maret 2019 dan pada 1 April 2019 akan resmi beroperasi. Sejak tanggal 12 Maret lalu telah dibuka uji coba untuk masyarakat.

Untuk melakukan uji coba masyarakat diharuskan untuk mendaftar online di website www.ayocobamrtj.com dan akan dikonfirmasi melalui email, maksimal satu sehari sebelum keberangkatan.

Rombongan Iriana Joko Widodo terlihat senang dengan berfoto-foto. Iriana pun mengatakan mantap setelah selesai mencoba MRT. Dalam acara tersebut Iriana didamping Mufidah Jusuf Kalla dan istri-istri menteri lainnya seperti Endang Budi Karya.

"Mantap, sejuk dan nyaman," pungkas Iriana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berbaju Merah Putih, Iriana Jokowi Jajal MRT Jakarta

Ibu Negara Iriana Jokowi menjajal Moda Raya Terpadu (MRT) dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI) ke Depo Lebak Bulus. Sebelum mencoba MRT, Iriana menjemput istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla, di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Pantauan merdeka.com, Senin (18/3/2019) pukul 09.30 WIB, Iriana dan Mufidah tiba di Stasiun MRT Bundaran HI. Tampak mendampingi Iriana, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas (OASE) yang terdiri dari istri para menteri Kabinet Kerja.

Iriana tampak mengenakan baju merah lengan panjang, celana putih dan syal pink. Sedangkan Mufidah menggunakan gamis hijau dipadu jilbab abu-abu. Di dalam MRT, Iriana dan Mufidah tak duduk, mereka berdiri sembari berbincang santai.

Sekitar pukul 09.42 WIB, MRT yang membawa Iriana bergerak dari Stasiun Bundaran HI. Sejumlah stasiun dilewati yakni Dukuh Atas, Setiabudi, Bendungan Hilir, Istora, Senayan, ASEAN, Blok M, Blok A, Haji Nawi, Cipete Raya dan Fatmawati.

MRT yang ditumpangi Iriana tiba di Depo Lebak Bulus pukul 10.10 WIB. Total waktu tempuh perjalanan dari Stasiun Bundaran HI ke Depo Lebak Bulus adalah 28 menit.

 

Reporter: Titin Suprihatin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini