Mengintip 6 Pernikahan Termahal Keluarga Kerajaan Inggris

Oleh Ayu Lestari Wahyu Puranidhi pada 21 Mar 2019, 07:15 WIB
Diperbarui 22 Mar 2019, 12:13 WIB
Keluarga Kerjaan Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Mewah dan seperti dongeng itulah kata-kata yang sangat pas untuk menggambarkan pernikahan keluarga kerajaan. Pernikahan termahal keluarga kerajaan biasanya dihadiri oleh para VIP dan petinggi dunia.

Tidak hanya itu, pernikahan ini juga akan memajangkan gaun yang paling indah dan mahal. Tidak heran mengapa ini menjadi pernikahan termahal.

Mau tahu pernikahan kerajaan inggris manakah yang termahal? Dilansir dari laman Latin Times, berikut adalah 6 pernikahan keluarga kerajaan Inggris termahal sepanjang masa:

6. Pangeran Arthur dan Catherine - USD 1,2 juta atau Rp 17 miliar

Putra Raja Henry VII, Pangeran Arthur yang menikahi Catherine dari Aragon, putri Raja Ferdinand II dari Aragon dan Isabella I dari Castile, pada 1501. 

Perayaan ini berlangsung selama dua minggu, dan air mancur anggur dibangun di Katedral St. Paul hanya untuk perayaan itu. Pasangan kerajaan itu mengenakan pakaian pernikahan yang dilapisi dengan emas.

Pernikahan itu dianggap sebagai salah satu yang paling mewah selama abad pertengahan, sebesar USD 1,2 juta dalam uang hari ini.

5. Puteri Eugenie dan Jack Brooksbank - USD 3,5 juta atau Rp 49,9 miliar

Puteri Eugenie yang menikah dengan Jack Brooksbank pada 2018. Pasangan ini berada di peringkat 9 dari keluarga kerajaan Inggris sehingga pernikahan mereka tidak terlalu mahal.

Namun demikian, itu tetap datang dengan biaya yang lumayan. Salah satu pernikahan termahal itu diperkirakan menelan biaya sekitar USD 3,5 juta. Sebagian besar pengeluaran dialokasikan untuk keamanan.

 

 

2 of 3

4. Pangeran William dan Kate Middleton - USD 43 juta atau Rp 484 miliar

Pernikahan Termahal Pangeran William dan Kate Middleton
Pernikahan Termahal Pangeran William dan Kate Middleton (Dominic Lepinski/AP)

Duke dan Duchess of Cambridge menghabiskan sekitar USD 34 juta untuk hari pernikahan mereka. Sebagian besar anggaran digunakan untuk keamanan, yang menelan biaya mencapai USD 32 juta.

Pengeluaran lain adalah USD 600 ribu untuk resepsi makan siang dan makan malam. Sedangkan gaun Kate Middleton sendiri menelan biaya mencapai USD 434 ribu, dan kue pengantinnya seharga USD 80 ribu.

3. Pangeran Harry dan Meghan Markle - USD 43 juta atau Rp 613 miliar

Sama halnya dengan pernikahan kerajaan lainnya, bagian terbesar dari anggaran digunakan untuk menjaga keluarga kerajaan, tamu VIP, selebriti dan keamanan publik.

Gaun pengantin yang dipakai oleh Meghan Markle ternyata merupakan gaun rancangan Givenchy. Meskipun pernikahan Pangeran Harry dan Meghan mungkin terlalu mahal, tetapi pernikahan ini meningkatkan ekonomi Inggris sebesar USD 600 juta.

 

3 of 3

2. Pangeran Charles dan Putri Diana - USD 110 juta atau Rp 1,5 triliun

Pangeran Charles dan Putri Diana
Pangeran Charles mencium tangan Diana Spencer, di balkon Istana Buckingham ketika mereka muncul di hadapan publik, 29 Juli 1981, setelah menikah di St. Paul Cathedral. (Arsip AFP)

Waktu membeku sejenak untuk pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana pada tahun 1981. Pernikahan itu menjadi pernikahan termewah kedua yang pernah di helat oleh kerajaan Inggris.

Dua juta orang berbondong-bondong ke St Paul's Catherdral untuk menyaksikan pernikahan termewah abad ini.

1. Margaret of York dan Charles the Bold of Burgundy USD 200 juta atau Rp 2,8 triliun

Pernikahan mahal kerajaan modern dibandingkan dengan pernikahan Margaret of York dan Charles the Bold of Burgundy tidak  ada apa-apanya.

Pernikahan yang dihelat pada 1468 ini diperkirakan menghabiskan biaya sekitar USD 200 juta. Upacara pernikahan ini berlangsung selama berhari-hari termasuk kontes, jamuan makan besar dan parade. Ada air mancur anggur yang tersedia sepanjang hari dan malam.

Lanjutkan Membaca ↓