Ma'ruf Amin Pamer Angka Pengangguran Terendah dalam 20 Tahun

Oleh Septian Deny pada 17 Mar 2019, 21:21 WIB
Debat Cawapres 2019 Tema Pendidikan dan Pesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01 Ma'ruf Amin memamerkan apa yang telah dilakukan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini. Dalam pemilu kali ini, Jokowi kembali maju sebagai calon petahana yang didampingi oleh Ma'ruf Amin

"Mari kita bersyukur tingkat penagngguran sudah sangat rendah yaitu di angka 5,34 persen, terendah selama 20 tahun," jelas dia dalam acara debat calon wakil presiden yang berlangsung di Hotel Sultan, Minggu (17/3/2019).

Namun jika ia terpilih nantinya tidak akan berhenti di sini. Jokowi-Ma'ruf akan mendorong tenaga kerja menguasai teknologi.

Pemerintah saat ini telah membangun infrasturktur darat, laut, udara dan langit yaitu pembangunan palapa ring yang merupakan jaringan internet di seluruh Indonesia.

Dengan adanya palapa ring tersebut diharapkan bisa meningkatkan kemampuan tenaga kerja sehingga bisa menciptakan startup yang berkapasita unicorn hingga decacorn.

Dua Sejoli Pacaran di Atas Motor yang Melaju
2 of 3

Tekan Pengangguran, Sandiaga Uno Janji Cetak 2 Juta Wirausaha Baru

Peluk Hangat Jokowi - Prabowo Akhiri Debat Perdana Pilpres 2019
Capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin bersalaman dengan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno usai debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Calon wakil presiden (cawarpes) nomor urut 02 Sandiaga Uno membacakan visi misi di acara debat cawapres di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/3/2019). Sandi menyatakan, bersama Prabowo pihaknya telah menyiapkan beragam program jika terpilih nantinya.

Di sektor ketenagakerjaan, Sandiaga menuturkan, pihaknya memiliki dua program yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah pengangguran di Tanah Air.

"Di bidang ketenagakerjaan saya ingin pengangguran, saya yakin masa depan anak muda kita bisa kita berikan kesempatan lapangan kerja. kalau kita fokus pada 2 program utama kita," ujar dia dalam Debat Cawapres di Jakarta, Minggu (17/3/2019).

 

Program pertama yaitu Ok Oce yang telah dilaksanakan di level provinsi akan diangkat hingga ke level nasional. Melalui program ini, Sandiaga menargetkan mampu menciptakan 2 juta wirausaha baru.

"Ok Oce yang akan kita angkat ke level nasional. Kita akan berikan kesempatan membuka 2 juta wirausaha baru," kata dia.

Program kedua, yaitu rumah siap kerja untuk anak muda, di mana generasi muda akan mendapatkan pelatihan hingga di tingkat pedesaan akan mendapatkan pelatihan sebagai modal mendapatkan pekerjaan.

"One stop service pelayanan terpadu untuk anak-anak muda mendapatkan pekerjaan sampai tingkat pedesaan," tandas dia.

Debat ketiga Pilpres 2019 digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019). Debat kali ini hanya menampilkan calon wakil presiden (cawapres), Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno.

Pada debat Cawapres ini, tema yang diangkat soal Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Kebudayaan. Tak seperti dua debat sebelumnya, pada debat cawapres ada beberapa perbedaan.

Hal ini memang sengaja dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memperbaiki kekurangan pada debat-debat sebelumnya. Salah satunya adalah pembentukan Komite Damai yang baru muncul pada debat ketiga Pilpres 2019 nanti.

Selain itu, format debat juga berubah dan jumlah penonton yang hadir berkurang.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓