Jokowi-Ma'ruf akan Bentuk Badan Riset Nasional dan Siapkan Dana Abadi

Oleh Nurmayanti pada 17 Mar 2019, 20:52 WIB
Ekspresi Jokowi - Ma'ruf Amin Saat Mengikuti Debat Perdana

Liputan6.com, Jakarta Calon Wakil Presiden (Cawapres) Maruf Amin menyatakan bersama Calon Presiden (Capres) Joko Widodo  akan terus mengembangkan riset dengan mengalokasikan semua dana demi memajukan Indonesia. Bahkan pihaknya akan membentuk badan dan dana abadi riset nasional.

"Negara yang maju akan mengembangkan riset dengan mengkoordinasikan semua alokasi dana. Selama ini dan riset terbagi di kementeian dan lembaga, tetapi nanti akan disatukan supaya jadi satu koordinasi dan akan bentuk badan riset nasional," jelas dia saat Debat Cawapres di Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Dia pun mengaku akan memaksimalkan rencana induk riset Indonesia yang sudah ada agar lebih maksimal. Ini dengan harapan riset akan lebih efektif.

Tak sebatas badan riset, Ma'ruf mengaku akan ikut menyediakan dana abadi riset selain dana abadi pedidikan dan kebudayaan.

"Dengan upaya itu kami yakin riset di masa akan datang akan memajukan negara dan Indonesia menuu 10 years challange," dia menandaskan.

Dia juga menegaskan jika keberadaan Badan Riset Nasional justru akan menciptakan efisien sebab terjadi penyatuan lembaga.

Pembentukan lembaga ini ikut melibatkan semua pihak. Mulai dari pemerintah, akademisi dan dunia usaha dan industri. "Dengan demikian riset akan berkembang ke depan. Riset yang bisa membangun Indonesia ke depan. Kita persiapkan 10 years challange," dia menegaskan. 

Pengemudi Ojek Online Tuntut Perbaikan Tarif