5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil, Pasti Cukup untuk Sebulan

Oleh Nisa Mutia Sari pada 16 Mar 2019, 11:35 WIB
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Liputan6.com, Jakarta Bagi seseorang yang sudah bekerja, hal yang menjadi perhatian utama adalah persoalan gaji. Bagaimana tidak, gaji merupakan salah satu sumber penghasilan yang bisa dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari untuk satu bulan ke depan. Kalau Anda masih sendiri, mungkin uang gaji kerja Anda sudah mencukupi kebutuhan selama sebulan.

Namun bagaimana kalau Anda yang sudah berkeluarga? Bagi Anda yang sudah bekerja dan menikah, tentunya harus lebih pandai lagi dalam mengatur keuangan. Prioritasnya bukan lagi untuk diri sendiri, melainkan sudah ada prioritas lain yang harus dan perlu mendapat bagian dari hasil gaji kerja Anda ini.

Untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga, tentunya ada beberapa perhitungan atau cara mengatur keuangan khusus. Nah, di setiap rumah tangga, tentunya memiliki caranya masing-masing dalam mengatur keuangannya. Pentingnya cara mengatur keuangan ini guna untuk mencukupi kebutuhan hidup Anda dan keluarga.

Harus diakui, besar kecilnya gaji seringkali berpengaruh terhadap cara mengatur keuangan. Apalagi kalau Anda memiliki gaji bulanan tetap dengan kebutuhan hidup yang naik turun. Untuk Anda yang memiliki gaji kecil, maka akan kesulitan untuk menyimpan uang untuk beberapa keperluan. Hal tersebut mungkin saja terjadi akibat kondisi rumah tangga yang tidak bisa mengatur keuangan gaji bulanan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan keuangan rumah tangga.

Saat sudah berumah tangga, memang harus bisa benar-benar mengatur keuangan untuk kebutuhan-kebutuhan yang tak terduga. Nah, untuk itulah Anda perlu tahu beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil agar rencana yang telah disusun dapat tercapai dan tanpa kekurangan. Berikut Liputan6.com,telah merangkum dari berbagai sumber, Jum’at (15/3/2019) beberapa cara mengatur keuangan di dalam rumah tangga dengan gaji kecil yang perlu Anda perhatikan. Berikut ulasannya.

2 of 5

Merencanakan Belanja Bulanan

Belanja Bulanan
Ilustrasi berbelanja

Terkadang Anda menggunakan uang untuk mengikuti keinginan, padahal belum tentu keinginan tersebut menjadi kebutuhan Anda. Apalagi yang sudah berumah tangga, tak hanya satu kepala saja yang harus dicukupi keinginannya. Nah, saat Anda memiliki gaji yang kecil, penting untuk membuat rencana belanja bulanan ini secara tertulis.

Jika Anda sudah merencanakan belanja bulanan ini, setidaknya sudah bisa meminimalisir Anda dari risiko menghabiskan uang untuk membeli sesuatu yang tidak perlu. Anda perlu membuat anggaran bulanan secara tertulis dengan membagi daftar pengeluaran menjadi dua, yaitu kebutuhan primer dan kebutuhan tersier.

Dimana kebutuhan primer itu seperti makan, biaya transportasi, tagihan listrik, air, cicilan rumah, dan lain sebagainya. Sedangkan kebutuhan tersier seperti anggaran untuk belanja baju, liburan, hingga anggaran untuk jalan-jalan dengan teman. Kalau Anda sudah membuat rencana anggaran belanja bulanan, selanjutnya Anda perlu membiasakannya.

3 of 5

Kurangi Makan di Luar

Memasak
Ilustrasi memasak (iStockphoto)

Tak masalah jika Anda dan keluarga sesekali menikmati sajian makanan di luar. Namun kalau makan di luar menjadi sebuah kebiasaan rutin, maka tindakan itu bisa menghabiskan gaji Anda dengan sangat cepat.

Untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa memasak makanan di rumah. Tidak dianjurkan untuk terlalu sering makan di warung makan atau restaurant. Anda bisa mencobanya sesekali, misalnya untuk sebuah perayaan khusus di keluarga Anda.

4 of 5

Trik Atur Keuangan

Kupon Promo
Kupon Promo (Foto ilustrasi: pixabay.com)

Menggunakan Kupon Promo

Hal ini sangat membantu sekali saat Anda memiliki gaji kecil. Dengan menggunakan kupon promo, Anda dapat memanfaatkannya untuk membeli kebutuhan makanan dan barang kebutuhan lainnya. Hal ini tentunya dapat menghemat uang Anda.

Untuk mendapatkan kupon promo, Anda harus pandai-pandai dalam mencari supermarket yang sedang menawarkan promo. Anda bisa mencarinya di internet untuk menemukan kupon produk favorit.

Mencari Penghasilan Tambahan

Kalau Anda memiliki waktu luang, coba untuk mencari penghasilan tambahan dengan tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan seperti jualan online, menjadi penulis lepas, dan lain sebagainya. Hal ini sangat membantu dalam kondisi keuangan rumah tangga Anda, dengan menyimpan beberapa penghasilan tambahan tadi.

5 of 5

Kurangi Naik Kendaraan Pribadi

Untuk menghemat pengeluaran akan kebutuhan akomodasi, Anda bisa coba mulai mengurangi menggunakan kendaraan pribadi saat pergi ke kantor atau tempat yang bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki. Anda bisa naik sepeda atau berjalan kaki dibandingkan menggunakan mobil atau motor untuk pergi ke toko atau tempat bekerja.

Hal ini dapat menghemat uang untuk pembelian bahan bakar. Selain itu, Anda juga bisa mendapat manfaat tambahan, yaitu Anda menjadi lebih sehat berkat jalan kaki dan bersepeda. Selain kedua hal itu, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum yang ada. Karena ongkos untuk menaiki angkutan umum tak semahal dibandingkan Anda menggunakan kendaraan pribadi. Ya, Anda bisa melakukannya sekaligus, misal pergi bekerja dengan jalan kaki dan pulang bekerja dengan angkutan umum. Dijamin hematnya.

Nah, setelah menerapkan beberapa cara mengatur keuangan di atas, Anda perlu disiplin dalam menjalankannya. Disiplin merupakan kunci untuk mengatur keuangan dengan gaji kecil. Kalau sudah berhasil disiplin menerapkan cara-cara tersebut, coba hitung berapa banyak penghematan dari masing-masing cara yang sudah Anda terapkan. Jangan lupa untuk menyimpan sisa uang dari hasil penghematan itu, tentunya untuk menambah tabungan Anda.

Lanjutkan Membaca ↓