Sukses

6 Cara Menjaga Hidup Sehat saat di Kantor

Berikut cara menjaga hidup sehat di kantor

Liputan6.com, Jakarta - Jika dihitung dalam sehari, setidaknya kita menghabiskan waktu sekitar 8-9 jam setiap harinya di kantor untuk urusan pekerjaan. Meskipun saat ini ada banyak sekali perusahaan yang menerapkan sistem jam kerja fleksibel, namun Anda akan tetap di wajibkan untuk berhadapan dengan layar komputer selama berjam-jam.

Paparan radiasi layar komputer pun akan berpengaruh terhadap kesehatan. Selain itu, ditambah lagi dengan gaya hidup tidak sehat seperti kurangnya aktivitas olahraga, hingga kurangnya konsumsi makanan bergizi.

Badan yang sehat juga turut serta memberikan manfaat yang banyak bagi produktivitas kita. Beberapa hal yang bisa Anda dapatkan di antaranya sedikitnya absensi kerja, hingga terhindar dari stres yang dapat menimpa siapa saja dan kapan saja.

Meski dihadapkan dengan berbagai tantangan tersebut, tetap bisa menjaga hidup sehat selama di kantor pun bukan hal yang mustahil. Berikut cara menjaga hidup sehat di kantor, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Minumlah Air Putih yang Banyak

Langkah mudah untuk menjaga hidup sehat yang bisa dilakukan selama di kantor adalah dengan meminum air putih yang banyak. Sebab hal sepele ini sering kali terabaikan karena disibukkan oleh pekerjaan.

Akibatnya, tubuh mengalami dehidrasi yang berdampak pada hilangnya konsentrasi. Selain menjaga konsetrasi, air putih juga terbukti secara alami melakukan detoksifikasi serta memperlancar pencernaan sehingga badan menjadi lebih segar.

Konsumsilah setidaknya 8 gelas atau 2,5 liter air putih setiap harinya secara rutin. Untuk menambah rasa, Anda bisa menambahkan sedikit perasan jeruk lemon dan menaruhnya di botol yang bisa Anda bawa ke mana saja dan mengisi ulang jika sudah habis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Regangkan Tubuh di Sela-sela Melakukan Aktivitas

Jika Anda adalah karyawan kantoran yang duduk di depan komputer 8 jam setiap harinya, cobalah untuk bangun dari kursi dan lakukan peregangan tubuh agar badan lebih rileks. Hal ini terbukti cukup ampuh untuk membuat badan Anda tetap segar meskipun berada di kantor setiap hari.

Tak perlu malu jika terlihat aneh di kantor. Justru Anda bisa membawa budaya baru di tempat kerja dan membuat lingkungan kantor menjadi lebih sehat.

Selain melakukan peregangan, Anda juga bisa mencari posisi yang nyaman selama bekerja. Sehingga badan tak mudah merasa pegal.

Bagian tubuh yang sangat rawan merasakan letih saat bekerja adalah pada bagian punggung, pinggang, hingga pergelangan tangan. Ambillah sikap duduk yang baik, serta jaga jarak antara mata dengan monitor komputer sehingga mata Anda pun tak mudah lelah.

3. Tenangkan Diri Menggunakan Aromaterapi

Selain menjaga sikap duduk selama bekerja, Anda juga bisa menggunakan aroma wewangian untuk mengubah mood menjadi lebih baik. Selain itu, Anda juga bisa menjadi lebih konsentrasi.

Anda cukup membeli aroma terapi berupa minyak esensial yang dapat menimbulkan efek wewangian sehingga ruangan menjadi lebih segar. Pilih aroma yang menjadi favorit Anda.

3 dari 4 halaman

4. Buat Meja Kerja Menjadi Lebih Segar dengan Tanaman

Kondisi ruang kerja sering kali luput dari perhatian. Ruangan yang pengap dan minim ventilasi diperburuk dengan hawa panas yang ditimbulkan dari komputer yang kita gunakan.

Cobalah untuk membuat lingkungan kerja jadi lebih segar dengan meletakkan tanaman di meja kerja Anda. Salah satu fungsi dari tanaman tersebut adalah untuk memberikan udara segar dan suasana nyaman karena warna hijau pada tanaman bisa membuat mata rileks.

5. Jalin Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

Kesibukan di kantor sering kali membuat hubungan dengan rekan kerja kurang berjalan dengan baik. Kita pun sering kali tak melakukan interaksi lebih dari sekadar hubungan profesional.

Namun pada kenyataannya, melakukan sosialisasi dan menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja adalah hal yang wajib Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas.

Dengan menjalin komunikasi dengan kolega, Anda pun bisa menambah wawasan baru dan membangun koneksi yang baik sehingga bermanfaat bagi masa depan Anda.

4 dari 4 halaman

6. Ikuti Agenda Kantor di Luar Pekerjaan

Beberapa kantor di perusahaan besar saat ini telah mengadakan kegiatan olahraga selepas jam kerja. Kegiatan olahraga tersebut misalnya yoga, zumba, fitness, lari, dan lain sebagainya.

Tujuan dari kegiatan ini tentu saja untuk menjaga keseimbangan hidup dengan pekerjaan. Jadi, jika ada kegiatan di luar pekerjaan bersama rekan kerja, lakukan dan dapatkan keseimbangan hidup dan pekerjaan.

Sayangi Diri, Lakukan yang Terbaik untuk Hidup

Kalau bukan diri kita sendiri yang menyayangi, siapa lagi? Tentu sepenggal kalimat itu benar adanya. Sebab Anda adalah orang yang bertanggung jawab dengan diri Anda sendiri. Enak dan tidaknya yang Anda rasakan, itu semua tergantung bagaimana menanganinya.

Nah, agar tetap sehat dan nyaman selama bekerja, lakukan cara-cara di atas untuk menjaga hidup sehat walau sedang di kantor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini